Ketahui 10 Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Puasa bukan berarti menyiksa tubuh karena tidak makan dan minum seharian. Justru banyak manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

Perlu diperhatikan pola makan saat puasa. Mengonsumi makanan bergizi tentu sangat penting agar tubuh tidak lemas. Kemudian, minum air putih secukupnya agar tidak dehidrasi.

Berpuasa menahan haus dan lapar sampai berjam-jam ternyata ada manfaatnya untuk kesehatan lho. Apa saja? Yuk simak di bawah ini:

1 .Mengeluarkan racun dalam tubuh
Ini manfaat puassa yang penting sekali. Racun-racun yang ada di dalam tubuh saat kita makan – makanan yang tidak sehat, maka saat berpuasa tubuh akan memakan cadangan lemak untuk mendapat energi. Nah, lemak tersebut akan membakar racun dalam tubuh secara bersamaan. Dengan begitu, tubuh akan lebih bersih dan sehat karena kadar racun yang berkurang.

2. Membersihkan kulit dan jerawat
Dengan pola makan yang benar dan makanan yang bersih saat berpuasa, kamu akan mempunyai organ-organ yang baik. Selain itu tubuh sedang bebas dari tugas memproses makanan di pencernaan. Dengan cara ini tubuh dapat lebih memfokuskan energi untuk melakukan proses regeneratif pada sistem lain.

3. Membakar lemak di tubuh
Mengurangi lemak di tubuh atau menurunkan berat badan demi menghindari penyakit stroke, jantung, hipertensi, dan obesitas, puasa juga dapat membantu meredakan asupan kalori dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

4. Mengurangi kolesterol tubuh
Puasa mampu mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins). Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kolesterol menghambat arteri yang bisa mengakibatkan komplikasi, seperti serangan jantung.

5. Membantu menghentikan merokok
Dengan berpuasa bisa menjadi salah satu cara untuk berhenti merokok agar terhindar dari penyakit paru paru, kanker, dan lainnya.

6. Mengurangi peradangan
Saat sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar. Tetapi selain tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung.

Puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh. Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan.

7. Dapat meningkatkan kesehatan jantung
Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Mengubah pola makan dan hidup sehat dapat mencegah penyakit jantung. Dengan puasa, semua asupan makanan bisa terkontrol.

8. Meningkatkan fungsi otak
Puasa bermanfaat meningkatkan neurotropik yang berfungsi untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak dan berdampak pada meningkatnya fungsi otak. Dengan begini, kemampuan berpikir seseorang tetap terjaga dan meningkatkan kecerdasan.

9. Membantu penurunan berat badan
Banyak pelaku diet yang berpuasa demi menurunkan berat badan. Secara teori, berpantang dari semua makanan dan minuman tertentu harus mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang dapat menurunkan berat badan.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Puasa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa, tingkat limfosit dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat. Hal ini membuat kekebalan tubuh meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini