Insha Allah Berkah, Ini Keutamaan Itikaf di Masjid

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat bulan Ramadan, salah satu ibadah sunnah yang diamalkan umat Islam ialah i’tikaf di masjid. Ibadah tersebut tentu mendatangkan pahala yang besar apalagi dilakukan dengan khusyuk.

Itikaf berarti berhenti atau diam di dalam masjid dengan niat semata untuk beribadah kepada Allah SWT. I’tikaf bisa dilakukan kapan saja dan hukumnya sunah bagi seluruh umat Islam.

Dari Ubay bin Ka’ab dan A’isyah, Rasulullah SAW beritikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan, hingga Allah SWT menjemputnya (wafat).

Selain itu, ada banyak keutamaan i’tikaf di masjid yang bisa kamu peroleh. Apa saja? Yuk simak!

1. Meraih Malam Lailatu Qadr

Keutamaan pertama yang bisa didapat dari i’tikaf di masjid ialah berkesempatan meraih malam lailatul qadr. Ada hadist yang disebutkan oleh Ibnu Hajar Al Asqolani dalam kitab beliau Bulughul Marom, yaitu tentang permasalahan i’tikaf.

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beritikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau di wafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beritikaf setelah beliau wafat. Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Sumber Pahala

Menjalani i’tikaf di masjis juga menjadi sumber pahala umat Muslim di bulan Ramadan. Setiap kegiatan yang dilakukan, mulai dari salat, berzikir dan tadarus tentu menghasilkan pahala yang banyak.

Bahkan dalam kondisi tidur pun, orang yang beritikaf mendapatkan pahala yang besarnya tidak bisa didapatkan oleh orang yang tidur di rumahnya.

3. Evaluasi

Satu lagi manfaat dari i’tikaf di masjid ialah bisa mengevaluasi diri. Saat berdiam diri di masjid, tentu seseorang aku lebih khusyuk dalam beribadah.

Saat itu, kamu juga bisa memanfaatkan kekhusyukan untuk introspkesi dan evaluasi diri. Hal tersebut tentu akan sangat bermanfaat mengingat evaluasi diri bukanlah perkara yang mudah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini