Inilah Waktu yang Cocok Berolahraga saat Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Olahraga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, bagaimana jika kita sedang berpuasa?

Tubuh memang terasa lemas saat puasa, apalagi tidak diperbolehkan minum. Namun, kamu tetap bisa olahraga saat puasa, lho! Dengan syarat, harus ada penyesuaian dariolahraga yang harus dilakukan. Salah satunya ialah durasi.

Durasi berolahraga saat sedang berpuasa tentunya tidak bisa disamakan dengan durasinya dengan olahragasaat kamu tidak puasa.

Belum lagi tidak ada makanan ataucairan yang akan masuk ke dalam tubuh kamu. Jika tidak disesuaikan, kamu mungkin akan mengalami gangguankesehatan dan dehidrasi akibat kekurangan cairan.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saatbulan puasa?

Dikutip dari laman Halodoc, waktu yang tepat untukberolahraga saat puasa adalah saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Waktu tersebut lebih disarankan karena dapat menghindari tubuh dari kekurangan cairanapabila berolahraga di saat puasa.

Selain di waktu sore sebelum berbuka, kamu juga bisaberolahraga setelah berbuka. Olahraga pada malam haridapat menghindari tubuh kekurangan cairan. Hal inikarena kamu sudah kembali terhidrasi dengan asupan minuman dan makanan saat berbuka puasa.

Namun ingat, beri jeda setelah makan. Setelah berbuka, jangan langsung berolahraga.

Hal ini karena setelah berbuka, energinya belum sepenuhnya pulih. Jika kamu langsung berolahraga setelah berbuka, proses perncernaan makanan di dalam tubuh akan terhambat.

Hindari juga berolahraga mendekati waktu tidur. Sebab, berolahraga mendekati waktu tidur justru akanmengganggu kualitas tidurmu.

Kamu juga harus memperhatikan jenis olahraga yang akankamu lakukan. Pilihlah jenis yang sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Jangan memaksakan diri untuk berolahraga jika tubuhmu tidak mampu. Hindari jenis olahraga yang berat karena dapat meningkatkan resiko cedera. Lebih baik kamu melakukan work out kecil, bersepeda, atau lari di treadmill.

Berolahraga di bulan puasa masih bisa dilakukan dan memberi banyak manfaat untuk tubuh. Namun, sebelum berolahraga, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak membahayakan diri sendiri.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini