Ini Manfaat Susu Kurma saat Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAKurma adala salah satu buah sering dikonsumsi di bulan Ramadan. Buah berbentuk lonjong dengan warna cokelat ini dikenal kaya manfaat.

Konsumsi buah ini disarankan dalam jumlah ganjil, mulai dari 3 hingga 7. Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa bisa membantu perut lebih cepat kenyang, sehingga menghindarkan dari konsumsi makanan yang berlebihan.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah kurma juga dapat disantap dengan berbagai menu olahan. Baik dicampurkan dalam olahan kue, maupun menjadi bahan tambahan dalam menu minuman segar saat buka puasa. Salah satu olahan minuman yang mampu melegakan dahaga saat berbuka adalah susu kurma.

Susu kurma dibuat dengan cara mencampurkan kurma segar yang telah direndam di dalam air, ditambah susu segar atau susu UHT, lalu diblender secara bersamaan.

Ada beberapa manfaat susu kurma bagi kesehatan, khususnya saat berbuka puasa. Berikut lima manfaatnya.

1. Menjaga kesehatan jantung
Selain kandungan serat alami, kurma juga mempunyai beberapa kandungan lain yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya adalah kandungan kalium. Kandungan ini dapat bekerja membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Dengan begitu, tekanan darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat alaminya juga turut membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Manfaat susu kurma yang satu ini tentu saja sayang untuk dilewatkan selama menjalani ibadah puasa Ramadan.

2. Memperkuat tulang dan gigi
Kita wajib menjaga kesehatan tulang dan gigi karena tulang adalah penopang tubuh. Tanpa memiliki tulang yang sehat, kita tidak akan beraktivitas secara normal.

Satu di antara cara untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari berbagai macam masalah adalah berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium. Satu di antara berbagai macam makanan atau minuman yang mengandung tinggi kalsium adalah susu kurma.

3. Membantu mengatasi sembelit
Mengonsumsi berbagai macam makanan saat sahur dan berbuka selama puasa dapat membuat sistem pencernaan tidak lancar. Ada berbagai cara untuk meringankan atau menyembuhkan sembelit, satu di antaranya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bayak serat.

Serat yang terkandung dalam susu kurma tidak hanya dapat menyehatkan jantung, namun juga dapat membantu dalam meringankan sembelit yang sedang dialami.

Kandungan serat yang cukup banyak dalam susu kurma dapat mudah dicerna oleh usus dan membawa air melewati usus, sehingga dapat memperlancar buang air besar.

4. Menyehatkan sistem saraf
Dalam hal ini, susu kurma mempunyai kandungan vitamin E, natrium, dan kalium yang sangat berguna untuk menyehatkan sistem saraf.

Sistem saraf yang sehat dan dapat berfungsi secara optimal, tentu dapat memperlancar sistem kerja tubuh lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, bisa mulai menambahkan susu kurma ke dalam menu buka puasa.

5. Mencegah Anemia
Setelah seharian berpuasa dan tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apa pun, mungkin kita dapat mengalami kekurangan darah atau yang biasa disebut anemia.

Dengan mengonsumsi susu kurma saat waktu berbuka puasa, dapat menurunkan risiko terkena anemia. Hal ini karena susu kurma mengandung banyak zat besi sehingga dapat membantu hemoglobin mengalirkan oksigen melalui aliran darah dengan lancar.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini