Ini Makanan yang Perlu Dihindari saat Buka Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat buka puasa, banyak orang kalap menyantap berbagai hidangan. Tapi, tak banyak yang memerhatikan apa yang mereka makan.

Saat seharian puasa, memperhatikan asupan nutrisi yang masuk itu sangat penting agar tubuh tetap fit. Tak hanya itu, memilih makanan berbuka puasa yang kurang tepat juga bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja menu buka puasa yang perlu Anda hindari. Berikut adalah jenis makanan yang sebaiknya Anda jauhi saat berbuka puasa:

1. Mie instan
Mie instan memang terkenal enak dan praktis. Namun ingat, mengonsumsi mie instan dapat membuat tubuh kesulitan untuk menyerap nutrisi baik dari bahan makanan lainnya. Sebaiknya, hindari makan mie instan agar Anda bisa mendapatkan nutrisi penuh setelah berpuasa.

2. Makanan yang terlalu asam dan pedas
Makanan asam dan pedas dianggap dapat memicu mag. Sakit mag atau gastritis merupakan peradangan yang terjadi di lapisan lambung. Makanan pedas ketika masuk ke saluran pencernaan dapat membuat iritasi pada lapisan mukosa lambung, untuk itu hindari makanan yang pedas dan asam.

3. Minuman yang mengandung kafein minuman Minuman berkafein dan berkarbonasi, seperti kopi, teh, dan soda sebaiknya dihindari karena dapat juga memicu peningkatan asam lambung dan bersifat diuretik. Seperti diketahui, tubuh cenderung akan mengeluarkan air seni yang lebih banyak ketika mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik.

4. Makanan tinggi gula
Salah satu makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa adalah yang kaya akan kandungan gula. Beberapa makanan seperti permen dan cokelat penting untuk dikurangi asupannya karena mengandung kalori yang tinggi dengan gizi yang rendah.

5. Makanan yang digoreng
Makanan ini mengandung terlalu banyak lemak dan akan disimpan oleh tubuh sebagai jaringan lemak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat berbuka dapat meningkatkan tingkat keasaman pada tubuh dan gangguan pencernaan. Boleh saja makanan yang bergoreng asal jangan terlalu sering.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini