Gaes, Buah-buah Ini Dapat Cegah Bau Mulut saat Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat puasa di bulan Ramadan, salah satu yang menjadi masalah adalah bau mulut. Ternyata ada buah-buahan yang bisa cegah bau mulut.

Bau mulut bisa disebabkan berbagai faktor mulai dari kebersihan hingga makanan yang dikonsumsi. Bau mulut saat puasa umumnya disebabkan mulut kering.

Mulut kering bisa disebabkan karena dehidrasi. Ini merupakan salah satu masalah yang kerap muncul saat berpuasa dimana mulut tidak memiliki air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah.

Buah-buahan bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Anda bisa mengonsumsinya saat berbuka dan sahur. Untuk menghindari bau mulut, bisa konsumsi buah-buahan berikut ini.

1. Stroberi
Stroberi berfungsi ganda untuk mengatasi bau mulut karena kandungan airnya tinggi. Makan stroberi akan memberi dosis hidrasi dan membantu air liur mengalir. Stroberi juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C membuat bakteri dan kuman sulit hidup di mulut, sehingga bisa mencegah bau mulut tidak sedap.

2. Apel
Apel telah terbukti menjadi salah satu makanan terbaik untuk mengurai senyawa berbau berkat polifenolnya. Tekstur apel juga membantu dalam menghilangkan kelebihan plak di gigi. Apel dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri.

3. Semangka
Semangka dikenal sebagai buah kaya air. Mengunyah buah dan sayuran yang mengandung banyak air dapat membantu menjaga kelembapan mulut dan juga bebas bakteri. Air yang terkandang pada semangka membantu membasahi bagian-bagian mulut dan mencegah berkembangnya bakteri yang menyebabkan bau mulut.

4. Melon
Melon mengandung banyak vitamin C dan air. Vitamin C pada melon bisa menghambat bakteri jahat di mulut. Melon terdiri dari 90 persen air. Kandungan air yang tinggi menghidrasi mulut dan menjauhkan bakteri. Melon juga mengandung folat, magnesium, dan vitamin K.

5. Jeruk
Vitamin C pada jeruk adalah sumber yang sangat baik untuk mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Mengonsumsi buah jeruk saat berbuka dan sahur bisa meminimalkan bau mulut. Vitamin C juga mencegah banyak infeksi gusi, yang pada akhirnya akan meminimbulkan bau mulut.

6. Nanas
Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah pengobatan tercepat dan paling efektif untuk bau mulut. Anda bisa mencoba segelas jus nanas organik setelah makan, atau kunyah irisan nanas selama satu hingga dua menit.

Reporter: Puri Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini