Fadhilah dan Manfaat Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Umat Muslim tengah berlomba-lomba mencari pahala di bulan Ramadan ini. Segala amalan yang dianjurkan dilakukan dengan baik semata-mata untuk mendapat ridho Allah SWT.

Namun, ibadah di bulan Ramadan tak hanya sebatas salat Tarawih dan berpuasa saja. Salah satu yang dianjurkan dan berpahala besar ialah memberi makan orang yang berpuasa.

Apabila kita sedang menjalankan ibadah puasa, kita juga bisa mendapat pahala yang berlipat jika kita memberi makan dan minum kepada orang yang berpuasa.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,” (HR. Tarmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5:192).

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda :

“Ada tiga orang yang doanya tidak tertolak : Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, doa orang yang terdzolimi”.

Memberi makan dan minum pada orang yang berpuasa di bulan Ramadhan tentu banyak manfaat dan keutamaannya. Apa saja keutamaan memberi makan dan minum bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan? Yuk simak!

1. Pahala Berlipat Ganda

Manfaat pertama yang didapat ialah pahala yang berlipat ganda. Seseorang yang memberi makan mereka yang berpuasa, maka ia akan mendapat pahala setara dengan ibadah puasa.

2. Menjadi Jalan Menuju Surga

Satu lagi yang bisa didapatkan dari mereka yang memberi makan orang yang puasa ialah menjadi jalan menuju surga. Apalagi jika dilengkapi dengan ikut berpuasa, melaksanakan salat malam, dan selalu berkata jujur dalam setiap aktifitasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini