Ramadan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak terasa, ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini sudah memasuki hari ke-10. Sudah satu minggu lebih seluruh umat Muslim di dunia melaksanakan ibadah yang diwajibkan Allah SWT.

Semantara itu, ada hadist yang mengatakan jika di bulan Ramadan terdapat keutamaan 10 hari pertama, 10 hari kedua, serta 10 hari ketiga.

Pada 10 hari pertama Ramadan disebutkan jika umat muslim akan mendapatkan rahmat. Kemudian di 10 kedua akan diberikan maghfirah atau tertutupnya dosa-dosa. Serta 10 hari ketiga akan diberikan pembebasan dari neraka.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Salam bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Maknanya ialah pada 10 hari pertama Ramadan, Allah membuka pintu Rahmat-Nya untuk setiap hamba yang dapat melakukan puasa dengan baik dan dipandang sebagai seorang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

Ada pula keutamaan lainnya yang bisa kamu dapat di 10 hari pertama puasa, yaitu:

1. Siapa saja yang dapat menjalankan puasa di sepuluh malam pertama Ramadhan, dia menjadi sosok yang mulia di mata Allah sejak awal karena menjalankan perintahnya.

2. Barang siapa yang dapat menjalankannya akan mendapatkan keberuntungan.

3. Membantu manusia membentengi diri sendiri dari perbuatan maksiat.

4. Terbebas dari hal-hal buruk selama melakukan ibadah puasa.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here