Coba Yuk! Ini Menu Makanan Kaya Serat Cocok untuk Santap Sahur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat berpuasa sering kali kita tak memerhatikan asupan apa saja yang kita santap. Parahnya lagi, kita sering mengonsumsi takjil yang berlebihan bahkan tak baik untuk kesehatan.

Padahal, mengatur asupan dan gizi saat berpuasa di bulan Ramadan sangat lah penting lho! Terutama makanan yang kaya vitamin dan tinggi serat.

Nah, masih belum terlambat. Ada banyak pilihan asupan kaya serat yang bisa jadi menu santapan sahur kamu nanti.

Penasaran ada apa saja? Yuk simak!

1. Kurma

Kurma bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa yang sangat praktis. Buah yang satu ini mengandung zat besi, gula alami, mineral, dan serat. Makanlah minimal 3 butir kurma sebagai menu awal berbuka puasa.

Menariknya lagi, kurma juga bisa mengembalikan sementara energi tubuh setelah seharian tak mendapatkan asupan makanan. Tiga butir kurma bisa memberikan sekitar 69 kalori bagi tubuh.

2. Oatmeal

Makanan yang satu ini juga memiliki banyak serat. Seporsi oatmeal bisa mengandung 5 gram serat. Menariknya lagi, oatmeal bisa membantu mengatasi kolesterol jahat bila dikonsumsi secara rutin.

Agar rasanya semakin lezat, cobalah padukan makanan ini dengan buah segar, seperti stroberi, kiwi, atau raspberry untuk mendapatkan lebih banyak serat dan manfaat lainnya.

3. Beras Merah

Beras merah merupakan makanan kaya serat untuk menu berbuka puasa yang bisa kita coba. Ingat, tubuh membutuhkan lebih banyak serat agar tak kelaparan setelah berbuka.

Maka, konsumsilah makanan yang kaya serat atau mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah. Satu gelas beras merah mengandung kira-kira 3,5 gram serat.

4. Aneka Sayuran

Terkahir ada berbagai jenis sayuran yang bisa jadi menu sehat untuk santap sahurmu. Beberapa sayur yang dianjurkan pun beragam.

Mulai dari wortel, brokoli, hingga kale. Sayuran tersebut dikenal mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang cocok memenuhi kebutuhan tubuh saat puasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini