7 atau 8 jam, waktu ideal untuk tidur malam? (Foto: ist)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bukan rahasia lagi bangun dini hari untuk santap sahur merupakan sesuatu yang berat. Kamu harus menahan kantuk demi makan sahur agar puasa lancar seharian.

Selain banyak manfaat, santap sahur juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Pasalnya, dengan makan sahur, kamu tak terlalu berat untuk menjalani ibadah puasa.

Namun, sering kali kita merasa kantuk usai makan sahur. Selain waktu masih sangat pagi, perut yang sudah terisi penuh juga menjadi penyebabnya.

Nah, tentu kamu sudah tahu kalau tidur pasca sahur tak baik untuk kesehatan tubuh. Biar kamu gak langsung tidue usai santap sahur, yuk simak cara jitu ini!

1. Tadarus

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah tadarusan. Selepas salat Subuh, ada baiknya kamu lanjutkan dengan membaca Al-Quran.

Selain mendapat pahala, aktivitas ini bisa membantumu untuk tidak tidur usai sahur. Dengan begitu, kamu mengurangi beragam risiko penyakit akibat tidur pasca sahur.

2. Olahraga Kecil

Siapa bilang saat puasa tak boleh olahraga. Nah, waktu yang sangat tepat untuk olahraga bisa dilakukan usai santap sahur.

Gak cuma menyegarkan badan, olahraga kecil bisa membantumu gak tidur usai sahur. Lakukanlah stretching dan gerakan-gerakan ringan untuk membantu tubuh bergerak agar tetap bugar.

3. Membersihkan Rumah

Hmm, aktivitas ini juga bisa menghindarimu dari rasa kantuk usai sahur kok. Gak ada salahnya untuk membersihkan rumah setelah kamu makan sahur.

Coba untuk membersihkan sedikit area rumah untuk membantu kamu tetap bergerak. Jangan terlalu berat ya! Tetap jaga stamina kamu agar kuat puasa seharian.

4. Menonton

Satu lagi cara untuk menghilangkan rasa kantuk usai sahur ialah menonton tayangan favorit kamu. Kegiatan ini sangat cocok untuk bersantai setelah makan sahur.

Tontonlah acara yang menghibur dan seru. Dengan begitu, kamu jadi tak terasa mengantuk setelah melaksanakan sahur.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here