Coba Gaes! Begini Cara Mudah dan Bijak Mengatur THR Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lebaran sebentar lagi! Sudahkah kamu mendapat THR tahun ini? Tunjangan Hari Raya menjadi salah satu yang dinantikan menjelang lebaran.

Saat THR sudah di tangan, tentu ada banyak keperluan yang ingin kamu beli. Ini menjadi waktu yang tepat untuk bisa berbelanja barang-barang untuk hari raya.

Namun, bukan berarti THR kamu harus habis begitu saja. Kamu perlu mengaturnya dengan bijak agar pundi-pundi yang kamu dapat bisa memenuhi seluruh kebutuhan Idul Fitri.

Nah, biar THR kamu tahun ini gak habis sia-sia, yuk simak tips berikut agar Tunjangan Hari Raya kamu cukup dan berkah.

1. Tahan Hawa Nafsu

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menahan hawa nafsu kamu. Kamu harus bisa membedakan mana yang diinginkan dan mana yang dibutuhkan.

Jika hendak membeli baju lebaran, tak masalah. Namun, jangan semuanya dihabiskan hanya untuk busana hari raya ya. Pikirkan kebutuhan apa lagi yang harus kamu penuhi.

2. Buat List Kebutuhan

Selanjutnya ialah membuat daftar hal-hal yang dibutuhkan untuk hari raya. Dengan membuat list atau daftar kebutuhan itu, kamu bisa terarah menggunakan THR yang kamu dapat.

Coba pikirkan apa saja kebutuhan kamu di hari raya. Jangan lupa untuk memastikan apakah barang-barang tersebut benar-benar kamu butuhkan saat lebaran.

3. Sisihkan THR

Meski THR bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan jelang hari raya, bukan berarti harus habis begitu saja kok! Kamu bisa menyisihkan sebagian hasil dari THR yang kamu dapat.

Namun, kamu harus ketahui terlebih dahulu seberapa banyak kebutuhan kamu. Jika masih ada sisa, tabunglah uang tersebut untuk keperluan lainnya.

4. Keluarkan Zakat

Satu lagi langkah bijak mengatur THR ialah mengeluarkan zakat. Pastikan kamu sudah membayar zakat di bulan Ramadan ini.

Kemudian, sisihkan 10 persen dari dana THR untuk memperbanyak amalan dan infak sedekah. Insha Allah, THR yang kamu dapat tahun ini menjadi berkah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Putusan Sidang MK, Aktifis Budaya Jawa Turut Aktif Menyoroti

Mata Indonesia, Yogyakarta - Proses persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) terus bergulir namun dinilai sarat keberpihakan. Hal tersebut terlihat dari pemohon yang tidak diperkenankan bertanya kepada para Menteri untuk memperkuat bukti dari dalil yang diajukan dan yang boleh bertanya hanyalah Hakim.
- Advertisement -

Baca berita yang ini