(Foto: MD. Saude)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Puasa secara teratur bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia dalam beberapa cara. Dari detoksifikasi tubuh, hipertensi hingga mendukung penurunan berat badan.

Namun, dapatkah puasa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi? Sebelumnya perlu diketahui, Hipertensi disebabkan oleh kondisi aliran darah yang cukup tinggi terhadap dinding arteri.

Gangguan ini dapat menyebabkan seseorang mengidap serangan jantung apabila tidak segera diatasi. Kemudian, bagaimana cara puasa dapat memberi manfaat pada pengidap hipertensi?

Melansir Halodoc, hipertensi dinilai sebagai silent killer karena pengidapnya tidak menyadari hal tersebut. Selain itu, hipertensi tidak mengalami gejala apa pun hingga pengidapnya mengalami gejala yang ringan, seperti sakit kepala hingga gejala berat, yakni gangguan pada jantung.

Dan bagi Anda yang mengidap hipertensi, Anda diperbolehkan untuk menjalani ibadah puasa, bahkan hingga satu bulan penuh, asalkan Anda tidak merasakan gejala. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perubahan pada pola makan dan tidur saat menahan lapar selama berjam-jam, agar tekanan darah dapat lebih baik.

Adapun dampak yang diterima tubuh saat berpuasa, di antaranya:

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat yang pertama dari puasa untuk pengidap hipertensi adalah menstabilkan tekanan darah. Umumnya, tekanan darah naik disebabkan oleh pola makan yang tidak dijaga serta emosi dan rasa cemas yang kerap terjadi. Saat puasa, tubuh akan mengurangi produksi hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, puasa juga wajib menahan emosi sehingga tekanan darah Anda menjadi lebih stabil.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol juga dapat menurun sebagai manfaat dari puasa untuk pengidap hipertensi. Seseorang yang di dalam tubuhnya memiliki kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat tersebut sehingga terjadi kekakuan pembuluh darah. Dengan berpuasa, risiko untuk mengalami penyakit jantung karena penumpukan kolesterol dapat ditekan sehingga terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

3. Membuang Racun Tubuh

Manfaat lain dari puasa adalah untuk membuang racun yang terdapat dalam tubuh, sehingga baik untuk pengidap hipertensi. Hal tersebut dapat terjadi secara otomatis dengan mengeluarkannya melalui keringat, urine, serta tinja. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat yang membuat aliran darah lebih lancar.

4. Menurunkan Berat Badan

Melakukan puasa juga dapat membantu menurunkan berat badan. Obesitas yang tidak diatasi dapat memicu risiko hipertensi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here