Cara Rasulullah Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Lalu, seperti apa Nabi Muhammad SAW merayakan hari kemenangan tersebut?

Banyak tradisi pada saat Hari Idul Fitri yang sudah turun-temurun, seperti bersilahturahmi, membeli baju baru, dan lain-lain.

Dari segala kegiatan yang menjadi tradisi turun-temurun tidak lepas dari bagaimana Nabi Muhammad merayakan Idul Fitri.

Lalu bagaimana cara Rasulullah SAW merayakan Idul Fitri? Simak berikut ini.

1. Bertakbir
Jelang malam Idul Fitri, perbanyaklah takbir guna mendapatkan manfaat hingga Shalat Ied dimulai. Hal ini dijelaskan dalam ayat berikut:

Artinya: “Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan puasa serta bertakbir (membesarkan) nama Allah atas petunjuk yang telah diberikan-Nya kepadamu, semoga dengan demikian kamu menjadi umat yang bersyukur.” (QS. Al Baqarah : 185)

2. Bayar zakat fitrah
Zakat fitrah dalam islam wajib dibayarkan karena termasuk rukun Islam yang hukumnya wajib.

3. Membersihkan diri dan menggunakan wewangian
Ketika hendak pergi ke masjid guna melaksanakan shalat Ied, seharusnya dalam keadaan bersih dan siap. Hal yang disunnahkan ketika merayakan Idul Fitri adalah dengan membersihkan diri (mandi), memakai wewangian hingga mengenakan pakaian yang baik.

4. Makan terlebih dahulu
Makan dulu sebelum salat merupakan sunnah pada saat hari raya Idul Fitri. Hal ini berbeda dengan Idul Adha dimana sebaiknya puasa dulu sebelum salat.

5. Shalat Ied
Tentu saja pada hari raya Idul Fitri yang bertepatan pada tanggal 1 Syawal, umat muslim melaksanakan keutamaan shalat Ied secara berjamaah di lapangan atau masjid.

6. Ucapan Hari Raya
Ucapan hari raya tentu salah satu momen yang tidak mungkin dilupakan oleh seluruh umat muslim. Ada baiknya mengucapkan: “Taqabbalallahu minna wa minkum (semoga Allah menerima amal kami dan kalian).”

7. Bersilaturahim
Bersilaturahim merupakan kewajiban bagi umat muslim karena dipercayai bisa memperpanjang rezeki. Berkumpul dengan sanak saudara dan tetangga akan menjalin hubungan yang semakin baik.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini