Besok, Sidang Isbat Ramadan Gunakan TI, Ini Tata Caranya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sidang isbat untuk menetapkan 1 Ramadan dilakukan besok. Namun, sidang besok akan berbeda dari sebelumnya karena Indonesia masih dalam memerangi wabah Covid19 yang diakibatkan virus corona.

Dalam keterangannya beberapa hari lalu, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengungkapkan sidang kali ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan sehingga banyak memanfaatkan teknologi informasi (TI).

Begini tata caranya;

Paparan Hilal
Kamaruddin mengatakan, sebelum sidang isbat dimulai, terlebih dahulu ada paparan hilal awal Ramadan 1441 Hijriah oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Masyarakat juga dapat menyaksikan paparan tersebut disiarkan secara live streaming.

Dia menyatakan akan dibuka dialog agar masyarakat dan media massa bisa mengikuti melalui room meeting online yang nanti akan dibagikan passwordnya. “Tentu kuotanya juga terbatas,” kata Kamaruddin.

Sidang Isbat
Sidang isbatnya baru dimulai setelah Magrib. Sidang digelar secara tertutup dan akan dihadiri secara fisik Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, serta perwakilan DPR dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ormas Islam
Sementara, ormas Islam diundang juga melalui meeting room online yang nantinya akan dibagikan ID dan password agar bisa mengikuti jalannya sidang isbat. Dalam sidang ini juga akan dibacakan hasil rukyatul hilal dari seluruh Indonesia.

Penetapan 1 Ramadan
Setelah mendengar laporan dan masukan dari ormas, Menteri Agama akan menetapkan awal Ramadan 1441 H.

Diumumkan ke publik
Setelah sepakat dengan penetapan 1 Ramadan 1441 Hijriah, Menteri Agama akan mengumumkan hasil sidang kepada publik secara online. Jadi, wartawan tidak perlu hadir ke kantor Kementerian Agama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Geliat Pilkada Sleman pasca Lebaran, PDIP Pikir-pikir Dua Nama Ini untuk Diusung

Mata indonesia, Sleman - DPC PDI Perjuangan Sleman akan membuka pendaftaran penjaringan untuk calon bupati Sleman dalam Pilkada 2024 pada pekan depan. Dari internal PDIP, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, telah dipanggil untuk diskusi oleh partai.
- Advertisement -

Baca berita yang ini