Beragam Tradisi Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tradisi masyarakat Indonesia di bulan Ramadan identik dengan kegiatan yang dilakukan bersama dengan teman atau keluarga. Namun, di tengah pandemi Corona Covid-19 memaksa kita untuk melewatkan berbagai tradisi masyarakat Indonesia di bulan penuh rahmat ini.

Kehadiran bulan Ramadan selalu ditunggu setiap tahun, pasalnya bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan hikmah dan berkah.

Masyarakat di Indonesia memiliki berbagai tradisi unik saat bulan Ramadan. Tradisi tersebut hampir dilakukan baik di kota maupun pedesaan. Munculnya tradisi di bulan Ramadan ini merupakan dampak dari kebiasaan yang dilakukan turun-temurun. Kebiasaan ini akhirnya berubah menjadi sebuah tradisi yang melekat di masyarakat Indonesia.

Inilah beberapa hal unik yang hanya bisa ditemui di bulan puasa:

1. Membangunkan orang sahur

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama dan menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Biasanya warga yang membangunkan warga lain untuk sahur akan berkeliling membawa alat pukul seperti galon, penggorengan, atau kentongan bambu. Sambil berkeliling mereka juga meneriakkan kata “sahuuur, sahuuur!” bahkan kadang dengan sedikit irama menyelaraskan dengan ketukan alat pukul tersebut.

2. Memukul beduk

Ketika berada di bulan yang penuh berkah ini, hari-hari memang terasa lebih menyenangkan dibandingkan bulan lainnya. Salah satu penyebabnya karena kita bisa mendengarkan alunan bedug yang dipukul. Kegiatan ini biasa dilakukan setelah selesai salat tarawih di masjid maupun di musala terdekat. Apalagi di malam takbiran menjelang Hari Raya Idul Fitri, semaraknya tabuhan bedug akan semakin meriah.

3. Salat tarawih berjamaah di masjid

Hal yang biasanya akan dilakukan masyarakat di Indonesia saat bulan Ramadan adalah melaksanakan salat tarawih di masjid berjamaah. Salat Tarawih hukumnya memang sunnah, namun salat ini hanya ada di bulan Ramadan. Oleh karena itu, rasanya kurang lengkap apabila di bulan Ramadan tidak melakukan salat tarawih berjemaah.

4. Buka puasa bersama

Biasanya selama satu minggu di awal (maksimal) kita masih rajin buka puasa di rumah lengkap bareng keluarga. Baru deh setelah itu hari-hari kamu bakal dihiasi dengan buka puasa bareng teman, mulai dari teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, temen kantor, tetangga, teman main, dan masih banyak lagi jenis pertemanan lainnya sampai kamu bingung sendiri.

5. Mulai buka bisnis takjil puasa

Salah satu bisnis yang banyak dilirik selama bulan Ramadan adalah bisnis takjil, mulai dari kolak pisang, es campur, es buah, es timun suri, bubur pacar cina, dan masih banyak lagi. Biasanya, banyak orang akan buka bisnis dadakan dan menjajakan takjilnya di depan rumah.

6. Ngabuburit

Siapa yang tidak mengenal tradisi masyarakat Indonesia di bulan Ramadan yang satu ini? Ngabuburit merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia di bulan Ramadan yang cukup unik. Kegiatan ngabuburit adalah kegiatan di mana seseorang menunggu datangnya waktu berbuka dengan berjalan-jalan, atau berburu takjil untuk berbuka puasa.

7. Mudik

Hal yang biasanya menjadi kegiatan utama saat bulan Ramadan adalah mudik. Mudik memiliki banyak pengertian, namun mudik memang identik dengan kegiatan kembali ke kampung halaman. Tradisi ini dapat mengobati kerinduan akan orang tua di kampung halaman, dan kerinduan kepada sanak saudara yang mungkin telah lama berpisah karena merantau.

Namun, dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 di Indonesia, pemerintah melarang kegiatan mudik tahun ini.

Reporter : Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini