Beragam Takjil yang Nikmat untuk Buka Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Buka puasa adalah momen yang sangat dinanti di bulan Ramadan. Sebelum makan berat, biasanya masyarakat Indonesia menikmati makan ringan atau takjil.

Berburu takjil di sore hari jelang berbuka rasanya sudah menjadi tradisi di Indonesia. Ada berbagai macam makanan dan minuman yang ditawarkan. Apa saja sih jenis takjil yang ditawarkan?

1. Kolak pisang
Sudah menjadi tradisi bagi umat muslim yang menjalankan puasa kolak pisang menjadi salah satu takjil favoit. Tak hanya pisang, kolak biasanya terdiri dari ubi jalar, singkong atau labu kuning dipadukan dengan legitnya perpaduan santan dan gula merah.

2. Es campur
Minuman yang satu ini menjadi takjil yang tidak bisa ditolak saat waktunya berbuka puasa karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Di saat sedang haus-hausnya, es campur biasanya jadi pilihan.

3. Sop buah
Berbuka puasa memang cocok dengan minuman yang segar seperti sop buah. Dahaga selama berpuasa bisa terobati dengan menyantap berbagai macam buah-buahan dalam sebuah mangkuk. Disajikan dengan campuran buah yang segar lalu dibaluti dengan campuran susu kental manis, sop buah menjadi salah satu menu favorit juga.

4. Aneka gorengan
Gorengan juga termasuk menu favorit masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Apalagi disajikan dalam kondisi masih panas. Ada beragam jenis gorengan, mulai dari tahu, tempe, risol, bakwan, dan masih banyak lagi.

5. Es kelapa muda
Es kelapa muda yang rasanya manis dan menyegarkan menjadi pilihan takjil lain yang biasa dibeli masyarakat Indonesia. Sama seperti es-es lainnya, menenggak kelapa muda saat kondisi tenggorokan kering pasti rasanya nikmat sekali.

6. Buah Kurma
Buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu senyawa yang paling penting adalah tanin, sejenis antioksidan polifenol. Ini dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Es blewah
Menu takjil yang satu ini tidak mungkin terlewatkan dari daftar menu favorit buka puasa. Parutan buah yang renyah dipadukan dengan tekstur selasih yang unik membuat es blewah menjadi teman yang asyik saat buka puasa.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini