Begini Gaes Cara Menjaga Stamina Agar Bugar saat Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Umat Muslim tengah berbahagia karena mulai memasuki bulan suci Ramadan. Ada banyak yang perlu disiapkan termasuk stamina dan kesehatan.

Saat berpuasa, kamu akan menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Hal ini membuat tubuh akan mengalami banyak perubahan seperti pola tidur, pola makan, olahraga, dan aktivitas harian.

Kalau sudah begini, tak jarang kondisi tubuh jadi kurang fit dan lemas. Bisa jadi, efek tersebut bisa berimbas pada aktivitas kamu sehari-hari.

Nah, biar gak menjadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan, yuk simak beberapa cara menjaga stamina agar tetap fit saat puasa. Nih gaes!

1. Jangan Lewatkan Sahur

Hal pertama yang harus dilakukan ialah tidak meninggalkan santap sahur. Pasalnya, kerap kali seseorang melewatkan makan sahur karena masih mengantuk.

Padahal, makan sahur sangat membantu tubuh tetap bugar saat puasa lho! Sebab, Makanan yang kamu konsumsi bisa memengaruhi kerja tubuh selama seharian penuh.

Makanan yang kamu konsumsi bisa memengaruhi kerja tubuh selama seharian penuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga cairan tubuh selama berpuasa.

2. Kurangi Makanan Berminyak

Nah, bicara sahur, ada makanan yang sangat dianjurkan saat kamu melakukannya. Agar tetap fit saat puasa, kurangilah makanan berminyak ya!

Kadar minyak dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat sel darah merah menggumpal dan terhambat. Inilah yang menyebabkan aliran oksigen ke dalam tubuh menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya kamu akan mudah mengantuk pada siang hari saat berpuasa.

Konsumsilah makanan berserat dan bervitamin seperti sayur dan buah. Makanan sehat itu bisa membuat stamina kamu lebih terjaga.

3. Jaga Cairan Tubuh

Meski tidak minum selama berjam-jam, tak ada alasan untuk tubuh kamu kekurangan cairan. Minum yang cukup juga menjadi salah satu cara menjaga stamina saat puasa.

Untuk itu, kamu perlu meminum air putih setidaknya delapan gelas per hari. Sebab, 80 persen tubuh kamu terdiri atas cairan, sehingga ketika asupan cairan berkurang tubuh akan mudah mengalami dehidrasi yang menyebabkan stamina menurun.

4. Olahraga Ringan

Siapa bilang saat puasa tak bisa berolahraga? Justru, olahraga ringa saat puasa bisa membantu kebugaran tubuh kamu lho!

Kamu tetap dapat beraktivitas fisik dengan durasi yang lebih singkat dari biasanya, misalnya 30 menit saja. Ingat, lakukan gerakan yang ringan-ringan saja ya!

5. Tidur yang Cukup

Satu lagi cara menjaga stamina tetap fit saat puasa ialah tidur yang cukup. Jika waktu tidur kamu berkurang, maka tubuh jadi mudah lemas.

Untuk itu, kamu tidur lebih awal agar bisa segar saat bangun sahur. Kamu bisa optimalkan waktu tidur selama 6–8 jam per hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini