Banyak Undangan Bukber? Begini Cara Atur Keuangan Biar Gak Boros

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Buka bersama atau bukber merupakan tradisi yang selalu ada di setiap Ramadan. Biasanya, kamu akan kebanjiran undangan bukber dari teman-teman di bangku SD hingga SMA.

Selain menikmati buka puasa berasama, momen ini juga kerap dijadikan sebagai ajang reuni dan kumpul-kumpul. Apalagi jika kamu dan kerabat sudah lama tak bertemu.

Nah, meski seru dan mengasyikan, bukber di luar dengan kerabat juga memakan biaya yang banyak lho! Kalau tak pintar-pintar mengatur keuangan, bisa saja kantongmu mendadak kosong setelahnya.

Untuk itu, kamu perlu cerdik mengatur pengeluaran dan budget untuk buka puasa bersama dengan teman-teman. Biar gak boros, yuk simak cara jitu atur keuangan saat bukber!

1. Usulkan Tempat yang Terjangkau

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah mengusulkan tempat buka bersama yang terjangkau ya. Baik dari segi menu maupun lokasinya.

Kamu bisa research terlebih dahulu tempat mana yang menyediakan menu lezat dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu, memilih tempat yang tak jauh dari lokasimu membuat kamu tak perlu menghabiskan banyak uang di ongkos, bukan?

2. Atur Tanggal

Selanjutnya ialah mengatur tanggal bukber. Jika kamu memiliki banyak undangan, usahakan jangan mengambil di minggu yang sama ya.

Sebab, hal ini bisa membuat pengeluaranmu sangat banyak dan tak terduga. Kamu bisa atur terlebih dahulu berapa maksimal undangan yang bisa kamu hadiri dalam satu minggu. Dengan begitu, kamu punya kesempatan untuk mengumpullkan pundi-pundi lagi untuk undangan berikutnya.

3. Jangan Kalap saat Pesan Makanan

Meski kamu berbuka puasa di tempat yang terjangkau, bukan berarti kamu bisa kalap nih. Ada baiknya kamu tentukan budget untuk setiap buka bersama.

Jika budget sudah ditentukan, maka kamu akan lebih bijak saat memesan menu buka puasa. Pintar-pintar untuk melihat menu yang murah dan mengenyangkan ya!

4. Pilih-pilih

Satu lagi yang bisa kamu lakukan ialah memilih-milih undangan. Tenang, tak menghadiri semua undangan bukber bukan berarti kamu gak solid kok.

Gak masalah jika kamu tak bisa menghadiri semua undangan karena alasan budget. Namun, ada baiknya kamu pilih dan pikirkan terlebih dahulu. Jika kamu termasuk yang sering bertemu dan kumpul dengan teman masa SMA, kamu bisa melewati bukber dengan mereka tahun ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini