makan sahur dan buka yang baik di konsumsi
makan sahur dan buka yang baik di konsumsi

MATA INDONESIA, JAKARTA-Seluruh umat muslim di dunia saat ini sedang menjalani ibadah puasa. Nah, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, kebutuhan nutrisi ketika buka dan sahur perlu sangat diperhatikan karena menyangkut sistem imun tubuh.

Lalu menu buka puasa apa yang harus disediakan saat berpuasa di tengah pandemi virus corona? Menurut Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., Konsultan Gizi Royal Sport Performance Center Senayan City, saat berbuka puasa baiknya makan-makanan manis seperti konsumsi semangka, kurma, melon, dan pisang.

“Saat berbuka puasa hal pertama yang kita konsumsi makanan yang manis untuk meningkatkan glukosa. Tapi jangan berlebihan, karena akan menurunkan imunitas tubuh,” katanya.

Menu utama, dr. Rita mengatakan beri jeda sebelum makan menu utama. Menu utama harus mencakup semua nutrisi yang dibututhkan tubuh, seperti protein. Menu utama buka puasa bisa ayam tanpa kulit, ikan, tempe dan tahu, daging yang tidak mengandung banyak lemak dan sayur bening.

“Protein dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, Namun, dengan lemak yang rendah. Baiknya dimasak tidak digoreng,” ujarnya.

Sebelum tidur, bisa konsumsi susu hangat, kacang rebus, yogurt, pisang dengan keju. Jangan konsumsi banyak karbohidrat.

Ketika sahur, sama dengan menu utama buka puasa yaitu harus mencakup semua kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Bisa mengonsumsi menu seperti sayur bening, jangan santan. Atau bisa juga tumis dengan sedikit minyak.

Selain itu, jangan lupa untuk ditambah rempah-rempah yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

“Bisa sayur bayam ditambah daun kunyit, atau tumis kol dengan bawang putih digeprek,” katanya.

Menurut dr. Rita, vitamin bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Suplemen bisa digunakan ketika sudah merasa kondisi tubuh tidak enak.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here