9 Menu Favorit Buka Puasa Nabi Muhammad SAW

Baca Juga

MATA INDONESIA , JAKARTA – Bulan Ramadan memiliki keistimewaan dibanding bulan-bulan lainnya karena segala amal kebaikan pahalanya akan dilipatgandakan Allah SWT. Saat puasa, tentu momen buka puasa palling dinanti.

Di Indonesia, biasanya buka puasa menggunakan gorengan, teh manis, aneka jajanan pasar, dan masih banyak lagi. Tapi, bagaimana dengan Nabi Muhammad SAW?

Nabi Muhammad SAW menyukai makanan sehat yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Saat buka puasa, baiknya kamu mengonsumsi makanan favorit Nabi Muhammad SAW yang didominasi oleh buah-buahan saat buka puasa dan sahur.

Berikut makanan favorit Nabi Muhammad selama puasa

1. Kurma
Bukan menjadi rahasia lagi bahwa kurma menjadi makanan yang disukai Nabi Muhammad SAW selama puasa. Kurma termasuk makanan pokok yang dapat menguatkan tubuh terutama menyegarkan mata setelah puasa seharian.

2. Madu
Di dalam Al-Quran telah disebutkan bahwa madu adalah segala obat. Manfaat madu pun diakui oleh Rasulullah SAW yang menjadikannya sebagai menu buka puasa yang praktis. Kurma juga bisa dicampur dengan roti, kue-kue atau minuman.

3. Buah Zaitun.

Zaitun mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mengobati segala macam penyakit. Sangat cocok untuk berbuka puasa. Rasulullah SAW bersabda: ‘makanlah minyak zaitun Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya.’ Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi.

4. Buah Anggur
Buah anggur yang disukai banyak orang ternyata buah yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa. Rasanya manis dan menyegarkan. Anggur juga banyak mengandung vitamin C yang bagus untuk ketahanan tubuh.

5. Buah delima
Buah Delima merupakan salah satu daftar buah surga yang tercantum pada sura Ar-Rahman ayat 86 yang artinya: ‘Di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan pohon kurma dan pohon delima.’

Dalam hadis dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya. Maka tidak diragukan lagi buah delima banyak manfaat untuk kesehatan.

6. Buah Labu
khasiat buah labu bagus untuk kesehatan juga. Nabi Muhammad SAW sangat suka makan buah tersebut. Maka sangat dianjurkan mengonsumsi buah saat berbuka puasa dan sahur. Kalau mengikuti anjuran Rasullullah SAW, kamu akan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

7. Air Putih
Air putih merupakan air yang suci, bersih, dan sangat baik dikonsumsi sebelum mencicipi menu buka puasa lainnya. Badan pun terhindar dari dehidrasi dan juga bisa menyehatkan ginjal. Air putih juga bisa mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

8. Susu
Susu tidak hanya menjadi salah satu menu berbuka puasa Nabi Muhammad SAW tetapi juga saat sahur.
Kandungan vitamin di dalam susu dapat menjaga kebugaran tubuh seharian. Segelas susu mengandung protein dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

9. Buah Ara atau Buah Tin
Buah Ara disebut juga buah tin bisa menjadi menu pilihan berbuka. Buah ini sangat disukai nabi seperti yang diriwayatkan oleh Abu Darda RA bahwa nabi pernah memakan buah tersebut. Buah tin adalah buah surga tanpa biji. Menu buka puasa menggunakan buah ara atau tin mengandung banyak khasiat seperti mengobati sembelit, penyakit usus, lambung, bisul dan haid.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini