8 Hal yang Bisa Kurangi Pahala Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Puasa di bulan suci Ramadan sejatinya menahan lapar, haus, dan nafsu. selain itu, umat muslim diharapkan bisa menjaga ucapan dan tindakan yang bisa mengurangi pahala puasa.

Puasa memang tidak ringan untuk dilakukan. Ada banyak godaan dan tantangan selama berpuasa. Terkadang entah disengaja atau tidak beberapa orang melakukan hal yang mengurangi pahala puasa.

Maka dari itu, setiap umat Muslim yang berpuasa harus mampu menjaga lisan dan perbuatan sebaik mungkin.

Berikut beberapa hal yang bisa kurangi pahala puasa:

1. Mengeluh lapar dan haus
Mengeluh lapar dan haus biasanya dialami anak-anak yang baru belajar berpuasa. Namun bukan berarti orang dewasa tak pernah melakukannya. Banyak juga secara tak sadar orang dewasa melakukan hal serupa. Sebaiknya hal ini dihindari, karena mengeluh lapar dan haus dapat mengurangi pahala puasa di bulan Ramadan.

2. Ghibah atau gosip
Biasa nya nih cewek- cewek yang suka nongkrong atau berkumpul ada saja yang dibicarakan. Namun sebaiknya hindari ya jika isi topik pembahasanya membicarakan orang lain. Bergosip memang tidak membatalkan puasa tetapi bisa mengurangi pahala puasa kita.

3. Marah dan berbicara kotor
Emosi dan marah-marah memang bisa muncul secara mendadak, tapi ini sebenarnya dapat dikontrol terutama ketika sedang berpuasa. Dalam Islam marah dan emosi berlebihan adalah pertanda bahwa seseorang tidak bisa menahan hawa nafsunya.

Bahkan satu dari sekian banyak golongan orang yang tidak disukai Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah mereka yang sering marah-marah.

4. Berkata bohong
Dalam Islam berbohong atau berkata dusta adalah suatu perbuatan tercela dan dosa yang harus dijauhi. Terlebih lagi jika dilakukan selama di bulan Ramadan akan berkurang pahala kita. Karena berkata bohong akan merugikan diri sendiri.

5. Iri melihat kebahagiaan orang lain
Menjaga hati dari segala macam penyakit memang sudah dianjurkan kepada setiap umat muslim. Penyakit hati seperti iri dan dengki itu sangat berbahaya. Jika kamu melihat orang lain bahagia maka ikutlah bahagia. Jangan ada rasa iri apalagi tidak suka dengan kebahagiaan mereka.

6. Melihat lawan jenis dengan hawa nafsu
Mungkin menahan lapar dan haus terlihat berat, tapi ternyata yang lebih sulit ternyata menjaga hawa nafsu. Melihat lawan jenis dengan hawa nafsu tentunya tidak diperbolehkan saat kamu berpuasa karena bisa membuat pahala puasamu berkurang.

7. Bermesraan dengan pasangan
Bermesraan dengan pasangan di siang hari saat sedang berpuasa juga bisa membangkitkan gairah seksual kita. Agar terhindar dari hal ini dan mumpung sedang berlangsung social distancing, sekalian saja jaga jarak dengan pasangan di rumah.

8. Tidur berlebihan
Meskipun tidur ketika menjalankan puasa adalah ibadah, namun jika dilakukan berlebihan juga akan mengurangi pahala. Tidurlah secukupnya, karena apa artinya jika seharian berpuasa dihabiskan dengan tidur.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini