7 Amalan Penting Sambut Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menyambut bulan Ramadan, umat Muslim akan melakukan persiapan dengan berbagai amalan dan kegiatan yang bermanfaat.

Bulan Ramadan merupakan bulan istimewa setiap tahunnya. Segala amal ibadah dilipat gandakan pahalanya di bulan ini. Maka dari, itu memasuki bulan Ramadan, umat Muslim dianjurkan untuk menyucikan diri dan memperbanyak amalan.

Meski bukan amalan wajib, amalan yang bisa dilakukan sebelum bulan Ramadan ini bisa membuatmu lebih dekat pada Allah SWT.

Ada beberapa persiapan Ramadan yang sebaiknya diperhatikan agar Allah SWT memberikan rida dan rahmat bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari.

Berikut amalan yang bisa dilakukan sebelum menyambut bulan Ramadan:

1. Saling memaafkan

Amalan pertama yang dilakukan sebelum bulan Ramadan adalah saling memaafkan. Saat memasuki bulan Ramadan, kamu harus suci lahir dan batin. Suci secara lahir artinya seperti menjaga kesehatan, kebersihan, dan lain-lain. Sedangkan suci batin adalah suci dari segala pikiran buruk, dendam, dan masalah hati lainnya.

2. Ziarah ke kubur

Ziarah kubur menjadi tradisi persiapan Ramadan yang selalu dilakukan umat Muslim. Dengan berziarah, kamu bisa mengirimkan doa kepada keluarga yang telah berpulang dan mengingatkan diri kepada kematian.

3. Membayar utang puasa

Menjelang bulan Ramadan, sudah seharusnya untuk membayar semua utang puasa di tahun sebelumnya. Puasa ini disebut puasa Qadha. Puasa Qadha wajib dilaksanakan sebanyak hari puasa yang telah ditinggalkan saat Ramadan.

Ketentuan membayar utang puasa Ramadan dapat dilihat jelas dalam firman Allah pada Q.S. Al-Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

“Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185)

4. Menyambut Ramadan dengan penuh gembira

Menyambut bulan suci ini dengan penuh suka cita. Amalan ini termasuk ke dalam amalan hati. Caranya adalah dengan memperbanyak bersyukur karena telah dipertemukan kembali pada bulan suci Ramadan, pahala akan dilipat gandakan dan dosa akan dihapuskan.

5. Bersih-bersih rumah

Selain membersihkan diri dengan saling memaafkan, umat Muslim dianjurkan untuk membersihkan rumah dan tempat-tempat ibadah.

Begitu juga dengan pakaian, dan alat salat yang digunakan, agar bersih dari najis saat memasuki bulan Ramadan. Itulah sebabnya, kamu pasti sering melihat kebiasaan membersihkan dan mengecat rumah menjelang bulan puasa.

6. Zakat Fitrah

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Ketika bulan puasa tiba, sudah saatnya kamu mempersiapkan Zakat Fitrah untuk disedekahkan sebagian harta yang dimiliki. Kamu bisa berdonasi kepada kerabat, tetangga, masjid, panti asuhan, atau secara online lewat badan amal terpercaya.

7. Memperbanyak ibadah

Menjelang bulan Ramadan memperbanyak doa dan amal salat sangat dianjurkan dengan memohon kepada Allah SWT agar dikarunia umur panjang, hingga berjumpa dengan bulan penuh rahmat ini yang akan datang dan berdoa agar puasanya diterima oleh Allah SWT.

Berikut doa menyambut bulan Ramadan:

“Allahumma Sallimni Ila Ramadan wa Sallim li Ramadan wa Tasallamhu Minni Mutaqabbalan”

Artinya:
“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan, dan antarkanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini