6 Cara Atasi Rasa Malas saat Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Umat muslim kadang mengeluh puasa membuat tubuh lebih cepat lelah. Alhasil rasa malas seringkali hinggap hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Umat Muslim yang merasa badannya lemas, malas dan mengantuk ketika berpuasa terjadi karena aktivitas fisiknya rendah. Terlebih puasa Ramadan kali ini dijalani di rumah sehingga tidak mengharuskan kita untuk bersiap-siap ke kantor.

Aktivitas yang tepat di pagi hari adalah jalan atau bersepeda santai, sambil misalnya berjalan ke masjid untuk salat Subuh berjamaah, kemudian pulang ke rumah dengan sedikit berputar-putar jalur, sekitar 30 menit, agar diperoleh durasi yang tepat. Ada pula “olahraga” lain yaitu membersihkan rumah yang juga dapat menjadi solusi agar tetap beraktivitas di pagi hari.

Patut diketahui, beraktivitas di bulan puasa akan menguras energi. Agar tetap fit dan tidak lemas saat melakukanya, maka harus mendapatkan istirahat cukup di malam hari. Ditambah lagi, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu stamina Anda tetap terjaga, terutama saat beraktivitas di pagi hari.

Berikut tips mengatasi rasa malas:

1. Membuat pikiran lebih aktif bekerja
Tentu kamu harus memutuskan untuk berhenti malas. Ada jalan jika ada niat, bukan? Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah tidak berdiam diri setelah bangun tidur di pagi hari. Berada di tempat tidur seharian akan membuatmu kembali tidur dan malas melakukan apapun.

2. Tetapkan beberapa tujuan kecil
Kamu bisa mulai menetapkan beberapa tujuan kecil dan mencapainya. Sehingga merasa lebih termotivasi dengan adanya tujuan. Seperti memasak makanan, membersihkan rumah, mencuci pakaian, atau mencuci piring. Buatlah dirimu sibuk dalam beberapa pekerjaan yang produktif dan bermakna.

3. Berikan hadiah untuk diri sendiri
Setelah mencapai beberapa tujuan kecil tadi, tidak ada salahnya kamu memberikan sedikit penghargaan. Bisa dengan menyiapkan sarapan favorit dengan cita rasa mewah atau membeli makanan favorit secara online.

4. Kembali ingat untuk melakukan sesuatu
Jika merasa terdemotivasi dan ingin menyerah, ingatkan diri tentang tujuan mengetahui rasa malas. Rasa malas mungkin akan terus ada. Tapi kita bisa mengurangi intensitasnya agar tidak menjadi kebiasaan.

5. Hindari menunda pekerjaan
Kebiasaan menunda pekerjaan mendukung terbentuknya kebiasaan malas. Sekali dua kali mungkin tidak memberikan efek secara langsung. Namun jika menunda pekerjaan selalu dilakukan dan tidak pernah dikerjakan lagi, tentu rasa malas yang akan terbentuk.

6. Coba menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat
Ini bisa menjadi cara lain untuk mengatasi rasa malas. Kamu bisa menetapkan durasi melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Dengan cara ini tentu akan menjadi lebih aktif.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini