6 Amalan Sunah Sebelum dan Setelah Salat Id

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Besok bertepatan dengan 1 Syawal dimana umat Muslim merayakan Idul Fitri. Ada beberapa amalan sunah sebelum dan sesudah salat Id.

Datangnya Hari Raya Idul Fitri biasanya ditandai dengan salat Ied. Bahkan, gadis-gadis yang baru dewasa (baligh) juga dianjurkan untuk ikut keluar rumah. Ini menandakan besarnya keberkahan shalat Id.

Berikut 6 amalan sunah yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah salat Id sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW:

1. Mandi
Mandi sebelum berangkat salat Idul Fitri. Waktunya bisa sebelum atau sesudah subuh pagi hari tanggal 1 Syawal.

2. Berhias dan pakai wewangian
Berhias serta memakai parfum secukupnya dan bersiwak (gosok gigi). Ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas.

3. Mengenakan pakaian terbaik

Hadis riwayat Jabir bin Abdillah menyebutkan, Nabi SAW memiliki jubah yang beliau gunakan ketika hari raya dan hari Jumat. Akan tetapi jangan terlalu berlebih-lebihan.

4. Makan sebelum berangkat ke tempat salat Idul Fitri

Makan ini untuk menegaskan bahwa Ramadan sudah berlalu. Apalagi, 1 Syawal adalah salah satu dari hari-hari yang di dalamnya dilarang berpuasa. Tentunya makanan yang dimaksud tidak mesti kurma, tetapi bisa sajian apa saja yang halal.

5. Bertakbir
Diriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa dia mengeraskan bacaan takbir pada saat Idul Fitri dan Idul Adha ketika dalam perjalanan ke lokasi salat. Hal itu dilakukan sampai imam datang.

6. Bersalam-salaman
Setelah melaksanakan salat id umat muslim dianjurkan bersalam-salaman untuk mempererat persaudaraan. Hal ini juga dilakukan Rasulullah SAW.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini