5 Menu Buka Puasa Populer Khas Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA , JAKARTA – Indonesia punya banyak menu buka puasa populer yang khas dan menggugah selera. Menu-menu ini mudah ditemukan di mana saja.

Beberapa makanan khas Indonesia dijadikan sajian untuk buka puasa. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Makanan ini punya rasa yang menggiurkan dan menggugah selera.

Jika kamu ingin mencicipi menu khas buka puasa yang Indonesia banget, berikut ini adalah deretan makanan khas buka puasa yang pasti ada saat Ramadan.

1. Kolak
Kolak menjadi makanan khas pertama yang paling umum dan hampir ada di seluruh kota di Indonesia. Cara mengolahnya begitu mudah serta bahan-bahannya mudah diperoleh.

Kolak umumnya berbahan dasar santan, gula aren, dan pisang yang direbus bersama. Menu ini selalu menjadi favorit di Indonesia

2. Es pisang Ijo
Nah ada lagi es pisang Ijo yang menyegarkan banget. Di hari biasa selain bulan puasa, menu es yang satu ini memang lumayan mudah untuk ditemui.

Namun, saat bulan puasa tiba menu es pisang ijo ini jumlahnya semakin banyak. Es pisang ijo adalah salah satu kuliner buka puasa dari Makassar yang sudah jadi makanan khas buka puasa di berbagai daerah di Indonesia.

3. Es buah
Ini minuman paling hits saat Ramadan karena paling dicari oleh masyarakat. selain rasanya yang menyegarkan, es buah terdiri dari banyak campuran buah-buahan yang segar.

Apalagi jika ditambah dengan siraman sirup dan susu kental manis. Kuliner buka puasa yang satu ini pastinya bakal menggugah selera.

4. Gorengan dan jajanan pasar
Apa pun jenis gorengannya, yang namanya gorengan itu sudah seperti makanan khas buka puasa yang wajib tersedia untuk berbuka. Gorengan ibarat pengganjal sekaligus pertolongan pertama untuk mengobati rasa lapar.

Gorengan selalu jadi makanan pendamping yang nggak pernah ketinggalan. Selain itu ada menu takjil unik khas daerah yang pastinya jadi ciri khas daerah masing-masing di Indonesia, seperti bubur kampiun.

5. Es kelapa muda
Bisa dibilang es kelapa muda adalah menu yang sederhana tapi bisa mengobati dahaga yang kamu rasakan setelah seharian berpuasa. Menu ini terbuat dari air dan daging kelapa muda, dan kadang ditambahkan beberapa bahan lain seperti sirup atau gula cair.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini