4 Manfaat Batasi Media Sosial di Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAMedia sosial (medsos) sudah menjadi bagian sehari-hari kehidupan, mulai dari pagi hari untuk mengecek lalu lintas, hingga malam hari saat mengunggah kegiatan sehari-hari.

Survei terbaru dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada 2018, responden terbanyak menjawab mereka menggunakan internet di atas delapan jam sehari sebanyak 19,6 persen.

Bagi kebanyakan orang, medsos saat ini memang sulit dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, terlebih lagi selama bulan Ramadan.

Jika kamu terlalu lama membuka medsos, maka kamu akan kehilangan banyak waktu berharga untuk melakukan hal lain yang bermanfaat.

Berikut 4 manfaat yang bisa kita dapatkan saat mengurangi penggunaan media sosial.

1. Lebih produktif di dunia nyata
Sebagai salah satu alat komunikasi di zaman milennial, medsos banyak membantu aktivitas masyarakat. Namun menggunakannya secara berlebihan juga membuat kita kehilangan fokus untuk menyelesaikan tugas. Pikiran menjadi terpecah dan hasil pekerjaan juga tidak maksimal.

Seharusnya kita membaca Al-Quran dan memperbanyak ibadah di bulan Ramadan, tapi menjadi membuang waktu dengan seringnya menggunakan medsos.

2. Tidur lebih nyenyak
Siapa yang sering buka medsos dulu sebelum tidur? Faktanya, cahaya yang dipancarkan dari layar smartphone dapat mengganggu produksi hormon melatonin pada tubuhmu. Padahal hormon itu punya tanggung jawab untuk membantumu tidur.

Kebiasaan inilah yang bikin kamu sering susah tertidur cepat. Karena itu, cobalah untuk mengurangi kegiatan berselancar medsos sebelum tidur, dijamin tidurmu akan lebih cepat terlelap.

3. Mengurangi kecemasan
Terlalu berlebihan dalam berselancar di dunia maya tidak baik untuk kamu. Terus-terusan melihat unggahan orang lain cenderung akan membuatmu sering membandingkan hidupmu dengan hidup mereka yang “terlihat lebih bahagia” di foto.

Menurut seorang profesor psikologi dari Kent State University, beristirahat dari medsos dapat membantu mengurangi kecemasan berlebihan hingga depresi.

4. Skala prioritas
Pengguna perlu mencari tahu aplikasi media sosial apa yang sering digunakan, buat skala prioritas misalnya aplikasi yang menunjang kegiatan sehari-hari dan aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan.

Pasang hanya aplikasi media sosial yang dibutuhkan berdasarkan skala prioritas tersebut, selain membantu mengurangi akses ke media sosial, cara ini juga bisa menghemat kapasitas ponsel.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini