Sedekah

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bulan Suci Ramadan merupakan bulan mulia yang penuh keistimewaan bagi umat Islam. Pasalnya, semua amalan akan mendapat ganjaran berlipat ganda, termasuk sedekah.

Selain ibadah saalat tarawih, memperbanyak membaca A-Quran, dan amalan sunah lainnya, umat Islam pada umumnya berlomba-lomba beramal dan bersedekah kepada sesama di bulan Ramadan.

Bahkan, sekadar memberi makan berbuka (takjil) kepada orang yang sedang berpuasa dijanjikan pahala dan balasan yang besar, sebagaimana Hadist Nabi Muhammad SAW: “Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga”.

Berikut 4 keutamaan bersedekah di bulan Ramadan:

1. Dibebaskan dari siksa kubur
Bagi setiap Muslim yang memberikan sedekah, dapat dibebaskan dari siksa kubur. Rasulullah Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani).

2. Dijauhkan dari api neraka
Banyak atau sedikitnya dalam kita bersedekah, ternyata berpengaruh dalam menjauhkan diri kita dari api neraka. Semakin banyak, semakin jauh kita darinya.

Rasulullah SAW bersabda: “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

3. Pahalanya akan dilipatgandakan
Orang yang bersedekah juga akan mendapatkan keutamaan lain. Keutamaan tersebut adalah Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang tersebut.

4. Sebagai penghapus dosa
Bagi orang yang bersedekah, akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang pernah mereka perbuat. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi). Namun, dosa dapat diampuni apabila disertai pula dengan taubat.

Reporter : Mala Komala

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here