Hindari Beberapa Makanan Ini Saat Sahur Supaya Imunitas Tetap Terjaga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur. Tujuannya supaya menjaga nutrisi yang menunjang imunitas tubuh. Makanan yang dikonsumsi saat sahur memiliki peran penting karena menjadi pasokan energi sepanjang hari hingga berbuka puasa.

Adapun makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Jika terlalu banyak karbohidrat saat sahur justru membuat merasa lapar. Ahli gizi DR dr Tan Shot Yen, M.Hum menegaskan bahwa hal ini tidak lepas dari makanan dengan kandungan karbohidrat seperti mie dan nasi mudah dicerna menjadi gula dalam tubuh.

Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang kaya akan lemak saat puasa Ramadan. Daging berlemak, makanan yang dibuat dengan puff pastry, kue dengan ditambah margarin atau mentega perlu dibatasi.

Tidak hanya makanan berlemak, makanan kering dan tahan lama juga sebaiknya dihindari saat sahur. Makan-makanan ini memang tahan lama dan praktis sehingga tidak perlu dimasak. Namun, bagi penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung, makanan ini justru memicu meningkatkan asam lambung.

Makanan yang mengandung banyak garam seperti camilan, keju asin serta kerupuk dan sejenisnya sebaiknya dihindari. Maka, selama memasak makanan untuk sahur disarankan untuk membatasi penggunaan garam.

Sama halnya dengan garam, konsumsi gula berlebih saat sahur juga tidak dianjurkan. Pilihan lain untuk menggantinya bisa dengan mengosumsi sayur dan buah. Serat dari keduanya bisa memberikan rasa kenyang yang bertahan lebih lama.

Serat dalam sayur dan buah seporsi separuh piring dinilai bisa membuat kenyang lebih lama karena memiliki antioksidan dan polifenol.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini