Penyelenggaraan PON, Bukti Papua Istimewa bagi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua memang telah selesai, namun berbagai harapan terkait terselenggaranya acara nasional ini masih terus diupayakan. Salah satunya yaitu untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat Papua ke depannya. Pengamat intelijen dan keamanan, Stanislaus Riyanta menegaskan bahwa hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran pemerintah Indonesia.

“Penyelenggaraan PON di Papua kemarin merupakan suatu dinamika luar biasa yang dampaknya sangat besar bangsa Indonesia dan tentunya masyarakat Papua menerima manfaat yang paling besar. Ini bukti bahwa perhatian pemerintah terhadap Papua sangat besar dan menjadi bukti bahwa Papua adalah bagian Indonesia yang sangat istimewa,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Sabtu 16 Oktober 2021.

Tidak hanya itu, penyelenggaraan PON XX ini merupakan bukti komitmen Presiden Joko Widodo dalam membangun Indonesia sentris. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai bahwa hal tersebut ditunjukkan dengan pembangunan infrastruktur yang masif.

“Ini bukti komitmen Pembangunan Indonesia sentris yang dicanangkan Presiden dimana Tanah Papua menjadi prioritas,” kata Moeldoko.

Penyelenggaraan acara olahraga tingkat nasional itu juga dipandang sebagai wujud penguatan jati diri bangsa. Mengingat pelaksanaan PON di Papua ini juga bertujuan untuk membangun kesejahteraan masyarakat setempat.

Sebelumnya, PON XX juga dinilai mampu menggerakan roda ekonomi pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM). Pernyataan ini dikemukakan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki yang menegaskan bahwa pelaku usaha di Papua akan menerima dampak positif dari acara tersebut.

“Kami yakin PON sangat berdampak pada UMKM di sana karena banyak orang yang datang. Banyak yang diuntungkan juga seperti pemilik penginapan, penjual makanan dan minuman, pengrajin dan lainnya,” kata Teten.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini