Kemenkes Pastikan PON Papua Tetap Berjalan Meski Ada Kasus Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kasus Covid-19 yang menimpa sejumlah atlet yang berlaga di PON Papua mendapat tanggapan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Juru Bicara Kemenkes untuk penanganan Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 tidak memengaruhi penyelenggaraan ajang PON XX di Papua. Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah tindak lanjut untuk menangani hal tersebut.

“Untuk atlet yang terpapar kasus Covid-19 akan dilakukan isolasi serta pelacakan kontak,” ujarnya, Rabu 6 Oktober 2021.

Sejauh ini, Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua menyebut sebanyak 28 atlet, ofisial l, dan panitia pelaksana (panpel) PON XX terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua Silwanus Sumule mengatakan dari data per 5 Oktober 2021, tercatat 29 kasus yang dilaporkan kepada pihaknya. 29 kasus tersebut terdiri dari Kabupaten Mimika 13 kasus, Kabupaten Jayapura 7 kasus, Kota Jayapura 6 kasus dan Kabupaten Merauke 3 kasus.

Namun, 28 kasus tersebut semuanya tanpa gejala atau bergejala ringan. “Satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa penanganannya dilakukan dengan isolasi terpusat yakni di kapal-kapal yang sudah disiapkan Satgas Covid-19 dan PB PON Papua. “Lalu di rumah sakit mitra yang bekerja sama dengan PB PON Papua,” ujarnya.

Adapun, atlet, ofisial, dan panitia pelaksana PON XX Papua yang terpapar Covid-19 berasal dari sejumlah provinsi, antara lain DKI Jakarta, Sumatera Utara, NTT, Kalimantan Timur, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Jawa Barat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini