Wahai Buruh, Ini Efek Positif Omnibus Law Menurut Anggota Fraksi PAN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja mendapat apresiasi dari Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Farah Putri Nahlia. Ia pun mengungkapkan 6 kegunaan dan efek positif dari UU sapu jagad ini.

1. Ada sertifikasi halal gratis buat UMKM
Menurutnya, UU Cipta Kerja membantu pelaku usaha UMKM dalam pengurusan sertifikasi halal dan biayanya ditanggung oleh pemerintah.

2. Ada jaminan untuk korban PHK
UU ini akan melindungi pekerja korban PHK lewat Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Program ini berupa pemberian insentif uang tunai dan program pelatihan kerja bagi para korban PHK.

“Bila mau mencari pekerjaan pun bisa mendapatkan akses ke pasar tenaga kerja. Program JKP tidak akan mengurangi manfaat jaminan kecelakaan kerja hingga jaminan pensiun yang sudah ada. Jaminan ini juga tidak akan membebani iuran tambahan, baik untuk pekerja maupun pengusaha yang memberi kerja,” Ujar Farah dalam keterangannya.

3. Tak hilangkan hak cuti haid dan hamil
Dalam UU Cipta Kerja itu, jelasnya hak cuti haid dan hamil tidak dihapuskan. Cuti haid dan hamil tetap mengacu pada undang-undang ketenagakerjaan.

4. Perizinan kapal nelayan makin mudah
Lewat UU Cipta Kerja mengurus izin kapal kini cukup lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dimana sebelumnya, untuk mendapatkan izin kapal harus melalui beberapa instansi.

5. Percepatan membangun rumah MBR
UU Cipta Kerja juga mampu memenuhi kebutuhan perumahan di Indonesia. Lewat UU ini, pembangunan dan penyediaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan dikebut.

6. Penyediaan lahan lewat bank tanah
Pemerintah melalui UU ini juga akan membentuk bank tanah. Nantinya, bank tanah akan mendistribusikan tanah untuk keperluan masyarakat. Selain itu UU Cipta Kerja juga menjamin penggunaan lahan konservasi hutan yang sudah digunakan oleh masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini