Soal Suara Dicuri, Yenny Wahid: Jangan Asal Tuduh

Baca Juga

MINES, JAKARTA-Putri Presiden RI ke 4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid angkat bicara terkait pernyataan Prabowo Subianto khawatir perolehan suaranya dicuri.

Yenny berpendapat, pernyataan calon presiden nomor urut 02 itu telah membangun opini yang menyudutkan KPU, dengan menggembar-gemborkan akan terjadinya kecurangan.

“Itu wacana bahwa KPU ini curang, pemilu suara tercuri, itu kan artinya mendelegitimasi, menuduh KPU itu parsial atau berpihak,” katanya di Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT), di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur, Minggu 7 April 2019.

Yenny mengatakan bahwa semua pihak yang terlibat dalam Pilpres 2019 tak sembarangan melontarkan pernyataan yang cenderung negaitf. Sebab, hal yang dikhawatirkan pun belum tentu benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Kita mengimbau semua pihak yang terlibat dalam kontestasi politik ini jangan mencoba membangun wacana yang menyudutkan KPU. KPU kan lembaga yang independen, KPU itu nyemprit, semua disemprit, 01 pun disemprit,” ujarnya.

KPU menurutnya juga merupakan lembaga penyelenggara yang independen dan tak dapat dipengaruhi oleh siapapun. Hal itu dibuktikan dari sistem pemilihan komisionernya yang terbuka dan berdasarkan rekomendasi semua partai termasuk dari pihak oposisi.

“Semua pihak harus ikut taat aturan KPU, karena yang milih (komisioner) kita semua, sudah dipilih oleh perwakilan partai-partai, termasuk partainya oposisi, termasuk partainya Pak Prabowo sendiri ikut menyeleksi anggota KPU yang ada,” ujarnya.

Ia pun meminta kepada semua pihak agar turut membantu KPU agar bisa menyelenggarakan pemilu secara fair, adil dan berimbang. Bukan malah menyudutkannya dengan tudingan yang belum tentu benar.

“Penyelenggara pemilu ini kan harus kita bantu, agar bisa menyelenggarakan pemilu secara fair, secara adil, secara berimbang,” katanya.

Sebelumnya capres nomor 02, Prabowo Subianto menargetkan kemenangan dengan selisih suara 25 persen dari pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. Ia mengingatkan para pendukungnya soal potensi kecurangan dan meminta seluruh pihak mengawasi proses pemilu.

“Kita harus menang dengan selisih di atas 25 persen karena potensi suara dicuri sekian belas persen,” katanya.

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini