Sebut Arah Bangsa Salah, Prabowo Minta Jokowi Contoh China

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Calon Presiden Prabowo Subianto mengatakan dalam debat capres kelima, bahwa arah bangsa Indonesia salah dan meminta Calon Presiden inkumben Joko Widodo (Jokowi) mencontoh Republik Rakyat Cina.

“Kita harus contoh seperti Republik Rakyat Tiongkok dalam 40 tahun, dia hilangkan kemiskinan 40 tahun. Kita harus contoh, berani belajar dari yang hebat,” kata Prabowo.

Prabowo mengaku tidak menyalahkan Jokowi atas pembangunan yang dinilai menyimpang dari filosofi bangsa, Menurut dia, pembangunan yang menyimpang itu merupakan kesalahan semua anak bangsa.

“Jadi kembali lagi saya terus terang saja, saya tidak menyalahkan Pak Jokowi. Ini kesalahan kita sebagai bangsa dan sudah berjalan belasan, bahkan puluhan tahun, tapi kita harus berani mengoreksi diri kita salah jalan,” katanya.

Mantan Danjen Kopassus itu kemudian mengajak semua elemen masyarakat kembali kepada UUD 1945. Dia meminta pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan dan memastikan petani serta nelayan sejahtera.

“Ini kesalahan kita semua, jadi kita ini salah jalan. Kita harus kembali ke UUD 1945 Pasal 33, belajar yang baik. Kita harus berani merencanakan pembangunan industrialisasi, ciptakan lapangan pekerjaan, lindungi petani, lindungi nelayan,” ujar dia.

Menjawab pertanyaan itu, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sudah terlalu lama mengekspor bahan mentah seperti karet. Sehingga, dirinya akan menggalakan hilirisasi agar Indonesia akan mengekspor bahan-bahan yang sudah diolah sehingga memiliki nilai tambah. “Minimal barang yang diekspor setengah jadi,” katanya.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini