Mantul, WNI di Singapura Sudah Mulai Nyoblos

Baca Juga

MINEWS, BATAM – Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri mulai menggunakan hak suaranya hari ini, 9 April 2019. Ribuan WNI yang tinggal di Singapura sudah mengembalikan surat suara ke Kedutaan Besar RI melalui Pos Singapura.

“Surat suara terus berdatangan,” kata Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Singapura, David Saragih, Selasa 9 April 2019.

Menurut David jumlah surat suara tercoblos yang sudah diterima PPLN Singapura ribuan. PPLN menerima surat suara melalui pos hingga Rabu 17 April 2019.

PPLN Singapura sengaja membuat kebijakan memilih lewat pos untuk memudahkan WNI yang tidak dapat datang ke KBRI saat pelaksanaan Pemilu, Minggu 14 April 2019 nanti.

PPLN seperti dilansir Antara sudah mulai mengirim surat suara ke kediaman masing-masing pemilih menggunakan jasa Pos Singapura pada awal Maret 2019.

Di Singapura, setiap pemilih diberikan dua kertas suara, yaitu untuk pemilihan presiden dan pemilihan DPR RI.

Panitia Singapura membagi pemilih melalui pos ke dalam sembilan tempat pemungutan suara.

Setelah surat suara dicoblos dikembalikan pemilih, maka petugas akan memasukkannya ke kotak sesuai dengan TPS masing-masing.

Surat suara tercoblos yang tiba di KBRI langsung disimpan di ruangan khusus dengan penjagaan CCTV selama 24 jam setiap harinya.

Seluruh surat suara itu baru akan dibuka pada saat perhitungan suara, berbarengan dengan penghitungan suara pemilihan secara langsung, Rabu 17 April 2019.

PPLN Singapura mencatat, dari 125.403 WNI yang masuk daftar pemilih tetap (DPT), 18.480 di antaranya menyalurkan hak suaranya melalui Pos Singapura.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini