Jokowi Tanggapi Tegas Temuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kabar ditemukannya surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia untuk pemilu luar negeri oleh petugas setempat ternyata sampai di telinga Presiden Joko Widodo.

Jokowi meminta agar temuan tersebut dilaporkan ke pihak berwenang, dalam hal ini adalah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan.

“Kalau benar itu pelanggaran, laporkan. Mekanismenya jelas kok, nggak usah diangkat jadi isu nggak jelas,” ujar Jokowi di Depok, Kamis 11 April 2019.

Sebelumnya, viral temuan surat suara tercoblos pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf di Malaysia yang ditemukan oleh Panwaslu setempat. Bahkan, videonya sudah beredar luas di media sosial.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar berkata temuan boks berisi surat suara selundupan dan yang tercoblos itu adalah informasi benar dan bukan hoax.

“Panwaslu Kuala Lumpur sebagai penemu. Kami minta KPU melakukan evaluasi kerja karena PPLN melaksanakan tugas tidak benar,” kata Fritz.

Saat ini, KPU sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut atas informasi tersebut. Selain tercoblos pasangan 01, ada juga surat suara legislatif yang tercoblos untik caleg DPR dari Partai Nasdem.

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini