ridwan kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

MATAINDONESIA, BANDUNG – Sekarang pertemuan politik tidak harus dilakukan di hotel mewah. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto hanya memerlukan warung makan sederhana untuk membahas strategi pemenangan Jokowi-Ma’ruf dengan Ridwan Kamil.

Pertemuan di warung Jalan Terusan ABC, Braga Kota Bandung itu bukan cuma dihadiri kedua tokoh tersebut, tetapi sejumlah anggota tim pengarah pada Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf.

Pertemuan yang berlangsung Jum’at 23 Februari 2019 malam terjadi di antara warga yang sedang bersantap malam di warung tersebut.

Usai pertemuan sejumlah wartawan yang hadir meminta foto bersama, Ridwan Kamil dan Hasto Kristiyanto tampak mengangkat jempol.

Ridwan Kamil pada kesempatan tersebut menegaskan komitmennya untuk memenangkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, di Jawa Barat.

Kang Emil, panggilan akrab Ridwan mengakui pada pertemuan tersebut mereka membicarakan soal strategi pemenangan pada Pemilu Presiden 2019 di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat ini menilai, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin adalah kombinasi figur yang saling mengisi.

Joko Widodo adalah pekerja keras serta Kiai Ma’ruf penyabar, bisa menjaga nilai-nilai keumatan serta mengayomi masyarakat.

Menurut Kang Emil hasil survei mengindikasikan elektabilitas Jokowi di Jawa Barat hampir seimbang dengan Prabowo. Padahal pada 2014 Jokowi-JK kalah suara sekitar 20 persen.

Dia mengungkapkan pada 2014 survei sementara empat juta pemilih Prabowo pada 2014 mengalihkan dukungnya kepada Jokowi. Meski begitu tetap hari pemungutan suara menjadi penentunya.

Namun Emil tidak bisa menyebutkan spesifik persentase kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Jawa Barat. Dia hanya menjanjikan kemenangan.