Yuk! Salat Khusuf saat Gerhana Bulan Parsial 17 Juli Nanti

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Indonesia menjadi negara yang punya cara-cara unik dalam menyambut fenomena alam langka, seperti gerhana bulan yang akan terjadi Rabu 17 Juli 2019 mendatang.

Saat gerhana tersebut muncul nantinya, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam Indonesia untuk melakukan salat khusuf atau salat gerhana bulan dan melakukan khutbah.

Tenang, jangan khawatir. Kemenag juga sudah menyiapkan tuntunan salat khusuf kok buat umat Islam yang belum mengetahui cara-caranya.

Dijelaskan Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, berdasarkan data astronomis gerhana bulan parsial tersebut akan terjadi pada Rabu 17 Juli 2019 mendatang, tepatnya mulai pukul 03:01 WIB.  

Amin berkata hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati gerhana bulan total tersebut. Sedangkan puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04.30 WIB dan akan berakhir sekitar pukul 05:59 WIB.   

“Bagi kaum Muslim diimbau melakukan salat sunat gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam pelaksanaan saalat gerhana,” ujar Amin dalam siaran persnya, Sabtu 13 Juli 2019.

Sebelum melaksanakan shalat khusuf, Amin juga mengimbau kepada umat Islam untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal amal kebajikan lainnya, serta tak lupa berdoa untuk kebaikan bangsa dan negara.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini