Yuk, Amati Gerhana Matahari Cincin Hari Ini, Simak Waktunya Berikut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gerhana matahari cincin dijadwalkan berlangsung 26 Desember 2019 ini. Sejumlah wilayah di Indonesia akan menjadi tempat paling ideal untuk menyaksikannya.

Gerhana matahari cincin terjadi saat bulan berada pada fase bulan baru. Ketika itu posisi bulan terletak antara bumi dan matahari. Karena orbit bulan miring terhadap orbit bumi, bulan tidak selalu akan berada sejajar dengan matahari dan bumi.

Selain Indonesia, manusia bisa mengamatai fenomena alam tersebut dari Arab Saudi, India, Sumatera, dan Kalimantan, lalu berakhir di kawasan Samudera Pasifik.

Di Indonesia, lokasi pengamatan terbaik berada di Kabupaten Siak, Riau dan Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Warga Jakarta hanya bisa menikmati sekitar 72 persen gerhana matahari cincin itu. Fasenya dimulai sekitar pukul 10.43 WIB hingga posisi maksimal 12.36 WIB dan fase akhir pukul 14.23 WIB.

Di Kabupaten Siak proses gerhana matahari cincin akan terjadi selama 3 menit 40 detik pada waktu maksimal pukul 12:17 WIB. Sedangkan di Kota Singkawang selama 3 menit 39 detik pada pukul 12:42 WIB.

Di wilayah lain, gerhana matahari cincin itu hanya bisa diamati sekitar 40 persen hingga 80 persen. Kota-kota itu adalah Padang, Duri, Malinau, Berau, Batam, Tanjung Selor, Padang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Kupang, Ambon, Manado dan Jayapura.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini