Yuk Amalkan, Doa yang Dipanjatkan Nabi Muhammad SAW di Hari Jumat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi umat Islam, Jumat merupakan hari yang istimewa. Seperti yang dijelaskan dalam hadist bahwa Jumat adalah hari terbaik dan mustajab untuk berdoa. Bagi umat Islam, Jumat merupakan hari yang istimewa. Seperti yang dijelaskan dalam hadist bahwa Jumat adalah hari terbaik dan mustajab untuk berdoa.

Sebagaimana diketahui, Jumat disebut dengan Sayyidul Ayyam yang artinya hari yang paling utama dari semua hari. Selain berdoa ada sejumlah amalan sunnah yang dilakukan Baginda Nabi  Muhammad SAW di hari Jumat, seperti membaca Surat Al Kahfi, banyak membaca shalawat Nabi, memperbanyak sedekah, memperbanyak doa, memperbanyak zikir, bersiwak, memotong kuku, serta mencukur, dan mengenakan pakaian terbaik.

Salamah dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam AS. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa di mana tidak seorang pun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.” [HR.Muslim].

Adapun doa yang dapat dipanjatkan di hari Jumat sebagaimana yang diamalkan Nabi Muhammad SAW adalah:

“Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

Artinya: “Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini