Yakinkan Masyarakat Internasional, Indonesia Tegaskan Serius Tangani Persoalan HAM

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri RI Ida Bagus Made Bimantara atau Sade Bimantara menegaskan bahwa Indonesia sangat serius dalam menangani persoalan HAM yang terjadi di Papua. Ia menyatakan bahwa pada pemerintahan saat ini sudah melakukan upaya terbaik untuk menyakinkan masyarakat internasional bahwa Indonesia serius menangani persoalan di Papua.

“Kita ingin yakinkan masyarakat internasional bahwa pemerintah Indonesia terutama di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini dan Menkpolhukam Mahfud MD, sangat serius tangani HAM masa lalu contoihnya itu kemajuan yang dicapai di Intan Jaya,” kata Sade Bimantara kepada Mata Indonesia News, Minggu 28 Februari 2021.

Ia juga menegaskan bahwa  bentuk keseriusan pemerintah dalam hal ini yaitu telah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya untuk menginvestigasi pembunuhan empat warga termasuk pendekta Yeremia Zanambani di Kabupaten Intan Jaya.

Bahkan TGPF sudah menyatakan bahwa ada keterlibatan baik aparat maupun kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan pihak ketiga. Keterlibatan KKB terjadi pada peristiwa pembunuhan terhadap dua aparat yakni Serka Sahlan pada 17 September 2020 dan Pratu Dwi Akbar Utomo pada 19 September 2020.

Hal ini merupakan suatu proses kemajuan yang dilakukan oleh pemerintah untuk menyelesaikan persoalan HAM yang terjadi di Papua.

“Dimana TGPF yang dibentuk oleh Pak Mahfud itu telah memberikan rekomendasi yang cukup tegas dan ini sudah masuk tahap yang lebih maju di kepolisian dan kejaksaan semoga nanti ke depan selesai permasalahan itu” kata Sade Bimantara.

Adapun terkait terbunuhnya Pendeta Zanambani pada 19 September 2020 mengindikasikan ada kemungkinan keterlibatan oknum aparat atau pihak ketiga. Meski ada dugaan demikian, Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan bahwa temuan dari TGPF tidak bersifat pro justitia, melainkan akan menjadi bahan bagi penegak hukum.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini