Ya Ampun, Perempuan yang Lolos Seleksi Pertama Capim KPK Cuma 7 Persen

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Tahukah kamu, panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil memperoleh 192 pendaftar yang bakal bersaing untuk menjadi pimpinan komisi antirasuah tersebut. Sayangnya calon berjenis kelamin perempuan yang lolos cuma 7 persennya.

Menurut Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih tahap pertama itu merupakan seleksi administasi dari 349 pendaftar. Dari 27 perempuan yang mendaftar hanya 12 orang yang dinyatakan lolos seleksi itu.

Sedangkan jumlah pendaftar lelaki yang lolos jauh lebih banyak yaitu 180 orang.

Yenti menegaskan jumlah pendaftar sebenarnya hanya 376 orang. Sebab, banyak pendaftar dua kali mendaftar yaitu secara langsung dan melalui internet, jadi terhitung hingga 384 orang.

Para pendaftar yang lulus seleksi administrasi wajib ikut seleksi tahap berikutnya yakni uji kompetensi yakni objective test dan penulisan makalah.

Sebelumnya, anggota Panitia Seleksi Capim KPK Indriyanto Seno Adji menyebut ratusan pendaftar ini memiliki latar belakang berbeda-beda seperti dosen, advokat, jaksa, hakim, polisi, auditor, TNI, korporasi, pimpinan dan dari internal KPK.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini