Xi Jinping: Jangan Anggap Enteng Kekuatan Cina

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Cina, Xi Jinping menegaskan jangan pernah menganggap enteng negaranya. Xi juga mengatakan Cina tidak akan pernah membiarkan kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan negaranya diganggu.

Setiap tindakan unilateralisme, monopoli, dan intimidasi tidak akan pernah berhasil. Hal tersebut hanya akan mengarah pada jalan buntu, demikian ditegaskan sang presiden dalam pidatonya di Great Hall of the People.

“Biarkan dunia tahu bahwa rakyat Cina saat ini terorganisir dan tidak boleh dianggap enteng,” tegas Xi mengutip Mao Zedong, bapak pendiri Republik Rakyat Cina, melansir Reuters, Jumat, 23 Oktober 2020.

Xi berbicara pada peringatan 70 tahun penempatan pasukan Cina di Semenanjung Korea untuk membantu Korea Utara melawan pasukan PBB dan Korea Selatan yang bersekutu dengan Amerika Serikat (AS) selama perang 1950-1953.

Baik Cina maupun AS kerap melayangkan pernyataan panas terkait dua negara. Sebagaimana diketahui hubungan Cina dengan Negeri Paman Sam sedang berada di titik terendah selama beberapa decade terakhir.

AS melalui Penasihat Keamanan Nasional Presiden Amerika Serikat, Robert O’Brien sebelumnya mengatakan bahwa Cina merupakan pesaing yang jahat lantaran berusaha memonopoli setiap industry penting abad 21.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini