Wuuzz!! PT INKA Bakal Produksi Kereta Kencang Jakarta-Surabaya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-PT INKA (Persero) berencana memproduksi kereta kencang Jakarta-Surabaya. Saat ini perusahaan pelat merah tersebut telah merilis spesifikasi kereta semi cepat ala shinkansen miliknya.

Berdasarkan informasi resmi perusahaan, kereta semi cepat versi INKA berkecepatan 160 km per jam, dengan kecepatan rata-rata 70 km per jam.

“Ya betul itu proposal sarana medium speed train. Untuk proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya),” kata Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro, Selasa 4 Juni 2019.

Kereta ini rencananya akan terdiri dari sembilan rangkaian, masing-masing dua kereta engine, tiga kereta penumpang, empat kereta penumpang berpenggerak. Totalnya tersedia 350 kursi penumpang.

Budi menjelaskan, proses produksi rangkaian kereta semi cepat ini membutuhkan waktu 18 hingga 20 bulan. Saat ini pihaknya masih menunggu keputusan terkait proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya ini.

“Kan masih nunggu keputusan pemerintah terkait prasarananya kapan mau dibangun atau ditingkatkan. Kalau sarana butuh 18-20 bulan sejak kontrak ditandatangani,” ujarnya.

Pada intinya pihaknya siap untuk memproduksi jika memang nantinya INKA yang dilibatkan untuk pembangunan sarana perkeretaapiannya. “INKA siap memproduksi kereta setelah operator medium speed (train) sudah ditunjuk pemerintah, bisa KAI atau investor lain dan pesan ke INKA,” katanya.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini