Jokowi inginkan mobil tanpa awak di ibu kota baru
Jokowi inginkan mobil tanpa awak di ibu kota baru (foto istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sistem transportasi tanpa sopir (autonomous vehicle) dan transportasi tenaga listrik (electrical vehicle) mulai dikembangkan tahun depan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pembangunan ini merupakan proyek uji coba dalam rangka mewujudkan mimpi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, kepala negara menyatakan ingin sistem transportasi massal dan pribadi di ibu kota negara baru yang berlokasi di Kalimantan Timur hanya menggunakan electrical vehicle dan autonomous vehicle. Tujuannya, agar sistem transportasi Indonesia lebih modern, lebih murah, cepat, dan bebas macet.

“Kami ingin menjadi contoh dan magnet baru bagi kota di Indonesia, maka perlu transportasi yang ideal dan akan kami lakukan secara bertahap berupa electrical dan autonomous. Mungkin akan dimulai di akhir 2021,” ujarnya.

Budi Karya menjelaskan proses pembangunan proyek uji coba akan dimulai melalui kajian penerapan sistem transportasi di berbagai negara. Pasalnya, Indonesia terbilang baru pada sistem ini.

Bila kajian sudah cukup matang, sambung Budi Karya, pemerintah akan mencari rekan kerja sama melalui proses penawaran proyek alias tender. Utamanya, pemerintah akan menawari penggarapan proyek sistem transportasi ini kepada pihak-pihak yang sudah berpengalaman menggarapnya.

Sementara dari sisi kebutuhan dana, mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu memperkirakan setidaknya butuh Rp5 triliun untuk membangun proyek uji coba.

Kendati begitu, ia mengaku belum mengantongi calon sumber pendanaan proyek, meski sempat beredar kabar bahwa Softbank, perusahaan telekomunikasi dan media asal Jepang tertarik menggarap proyek tersebut.

Rencananya, uji coba sistem transportasi listrik dan tanpa supir akan dilakukan di jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan kawasan ibu kota baru yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kecamatan Sepaku Semoi, Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here