Wow, Rafale Incaran Indonesia Berhasil Tembakkan Rudal Nuklir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jet tempur generasi 4.5 incaran Indonesia, Dassault Rafale berhasil membawa dan menembakkan pertama kalinya rudal udara jelajah nuklir jarak menengah yang sudah ditingkatkan.

Rudal ASMP-A itu ditembakkan Rafale yang terbang dari Pangkalan Udara Cazaux yang dipantau langsung Badan Pengadaan Pertahanan (DGA) Prancis.

Uji penembakan ASMP-A itu merupakan syarat sebelum rudal digunakan Angkatan Udara dan Antariksa Prancis, termasuk di Pasukan Udara Nuklir Angkatan Laut Prancis (FANU).

Rudal ASMP-A seperti dilaporkan airspace-review rencananya akan masuk fase produksi pada 2021. Rudal itu memiliki jangkauan sekitar 500 kilometer dengan kecepatan hingga Mach 3 serta hulu ledak termonuklir 300kt TNA (tête nucléaire aéroportée).

ASMP-A memiliki panjang 5,38 m dan berat 860 kg tersebut menggunakan mesin ramjet berbahan bakar cair.

Selain mempercanggih ASMP-A, Prancis juga mengembangkan penerus rudal itu yaitu ASN4G (air-sol nucléaire de 4e génération) yang memiliki daya jangkau dua kali lipat ASMP-A serta memiliki kemampuan terbang juga dua kali lipatnya yaitu 7-8 mach.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini