Wow, Putin Sebut Rusia Punya Senjata Tidak Terkalahkan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut uji coba rudal hipersonik baru dari kapal selam yang dilakukan pada Senin 4 Oktober lalu sebagai senjata yang tidak terkalahkan. Pernyataan ini tidak lepas dari upaya Rusia yang beberapa tahun terakhir menggembar-gemborkan pengembangan senjata untuk menandingi Amerika Serikat (AS) dalam perlombaan senjata.

Rudal hipersonik ini dinilai bisa menjadi senjata yang tidak terkalahkan karena mampu melaju lebih dari lima kali kecepatan suara dan melakukan manuver di tengah perjalanan. Kondisi ini membuatnya sulit untuk dilacak dan dicegat dibandingkan proyektil tradisional.

Penembakan rudal Zircon oleh militer Rusia dilakukan dari kapal selam nuklir Severodvinsk dan mencapai target uji di Laut Barents.

“Uji coba peluncuran rudal Zircon dari kapal selam nuklir dianggap berhasil,” kata Kementerian Pertahanan dalam pernyataannya yang dikutip dari AFP.

Putin dalam pidato kenegaraannya pada tahun 2018 sempat mengungkit senjata hipersonik baru termasuk Zircon. Ia juga menekankan bahwa senjata tersebut mampu mencapai target di laut dan di darat dengan jangkauan 1000 kilometer.

Maka, Zircon akan bergabung dengan kendaraan luncur hipersonik Avangard yang mulai beroperasi pada tahun 2019, dan rudal Kinzhal yang diluncurkan dari udara di gudang senjata Rusia.

Peluncurannya pun dilakukan seminggu setelah Korea Utara juga menguji senjata hipersonik baru hal ini sekaligus menjadikannya negara baru yang bergabung dalam perlombaan senjata hipersonik. Meski demikian, para ahli menyepakati untuk saat ini Rusia unggul dalam perkembangannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini