Wisata Gunung Ijen Kembali Dibuka, Kuota Pengunjung Dibatasi
Wisata Gunung Ijen Kembali Dibuka, Kuota Pengunjung Dibatasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Gunung Ijen kembali dibuka pada Sabtu 11 Juli 2020. Destinasi wisata yang terkenal dengan fenomena api birunya ini dibuka setelah ada rekomendasi dari Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso

“Sesuai Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dibukanya kembali Kawah Ijen harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan,” kata Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember R Tjahjo Widodo pada hari Sabtu.

Meski demikian, ia tetap mengimbau masyarakt untuk menerapkan menerapkan protokol kesehatan selama pandemi, saat mengunjungi wisata yang berbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso.

Sementara Kepala BKSDA Wilayah III Jatim, Setyo Utomo mengatakan, meski telah dibuka untuk umum namun pengunjung dibatasi. Pengunjung dibatasi hanya 225 wisatawan tiap harinya atau 50 persen dari kuota pengunjung sebelum masa pandemi.

Pemesanan tiketnya pun dilakukan secara online di laman ijen blue fire. “Untuk harga tiket tetap, tidak ada perubahan,” katanya.

Setyo juga membuat perbandingan bahwa sebelum masa pandemi, di hari biasa Kawah Ijen bisa dikunjungi rata-rata 100-200 orang lebih. Namun di saat hari libur atau peak season, pengunjung bisa mencapai 4000 orang.

1 KOMENTAR

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here