wine pala asli Indonesia
wine pala asli Indonesia

MINEWS, JAKARTA-Mendengar kata wine terlintas langsung adalah minuman berakohol dengan rasa anggur yang khas. Tak hanya berasal dari luar negeri saja, ternyata Indonesia juga memilikinya loh!

Namun, buah yang digunakan adalah pala, tanaman khas asli nusantara yang juga beraroma khas. Begitu diteguk, dalam per sekian detik minuman ini langsung bereaksi dengan tubuh menghasilkan sensasi hangat. Itu kira-kira gambaran tentang wine pala yang dihasilkan Desa Beong, Siua, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara,

Sama seperti wine biasanya. Aromanya kuat dengan rasa pahit, asam dan manis berpadu saat meneguk wine atau anggur pala ini. Untuk harga sangat terjangkau sebotolnya dibandrol hanya Rp 30 ribu.

Wine ini tercipta bermula dari pelatihan di Manado oleh seorang Wine Sommelier asal Prancis. Warga di daerah tersebut belajar membuat wine selama seminggu pada 2009 lalu. Bagian pala yang dipakai berupa buah.

“Pengolahan pala dikukus diperas dan diambil sarinya lalu ditambah sari toauge yang direbus. Lalu dimasak pakai gula baru difermentasi 1 bulan. Dikemas dalam botol kaca,” ujar salah satu warga Desa Beong Melliy.

Dengan kadar alkohol hingga 14 persen serta citarasa khas, wine pala pun berhasil memikat wisatawan, utamanya para bule. “Kata bule enak karena beda soalnya dia panas. Kalau nelayan masuk angin bisa minum itu juga biar berkeringat,” katanya.

Usaha ibu-ibu PKK ini pun didukung oleh Kepala Desa Beong, Hervie Mandak. Hervie mengaku dana desa sebesar Rp 800 juta yang dia terima, 15 persen dia gunakan untuk mendukung para pekebun pala serta ibu-ibu pembuat wine pala.

“Tahun lalu sudah dibuat ruangan untuk pembuatan wine pala sama pengadaan alat-alat seperti panci, penggilingan,” katanya.

Untuk perizinan sendiri, masih dalam proses, alhasil produksi wine pala masih terbatas dan dibuat sesuai pesanan. Kendati demikian, Hervie bersama Pemkab masih berusaha mengenalkan wine pala dan berharap akan bisa mendunia.