WHO: Manusia Mungkin Hidup dengan Covid-19 Selamanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah negara, termasuk Indonesia, sedang berlomba-lomba membuat vaksin untuk menghabisi Covid19 dan mencoba berbagai model prediksi akhir pandemi. Namun, organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan virus itu akan selamanya bersama manusia.

Dalam keterangan online yang diadakan baru-baru ini, pakar kedaruratan WHO, Dr Mike Ryan, mengatakan dunia sangat mungkin mungkin menghilangkan virus corona pembawa Covid19.

WHO menyampaikan hal tesebut mengingatkan negara-negara yang gemar membuat prediksi berhentinya pandemi Corona sambil menyerukan upaya besar mencegah penyebaran virus itu.

“Penting untuk diingat bahwa virus ini dapat menjadi virus endemik lain dan mungkin saja tidak akan pernah hilang,” ujar Mike.

Dia mengajak semua manusia untuk berpikir realistis terhadap Pandemi ini bahwa tidak seorang pun bisa memprediksi kapan akan hilang.

Beberapa negara sebelumnya melihat keberhasilan membuat kurva menjadi landai hingga pembatasan sosial atau bahkan lockdown mulai dikurangi. Tak sedikit yang berniat mengizinkan beroperasinya kembali dunia bisnis.

Dr. Mike Ryan mengingatkan sekarang sama seperti saat dunia mengatasi HIV yang pertama kali muncul pada 1980-an, terbuka kemungkinan dunia hidup bersama Covid19.

Namun, BBC melaporkan, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus telah menyebutkan bahwa masih mungkin untuk mengendalikan lintasan virus tersebut. Ini bisa dilakukan dengan dengan upaya global di seluruh dunia.

“Lintasan itu ada di tangan kita, dan itu urusan semua orang, dan kita semua harus berkontribusi untuk menghentikan pandemi ini,” katanya.

Hingga saat ini, lebih dari 4,2 juta orang telah terinfeksi Covid-19. Virus ini telah membuat lebih dari 300.000 kehilangan nyawa di seluruh dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini