Waspadai Kebakaran Hutan, Cuaca Panas Landa Sebagian Besar Wilayah di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Awas dan waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Indonesia. BMKG memprakirakan cuaca panas melanda sebagian besar daerah di Indonesia, akibat pengaruh angin Monsun Australia.

Cuaca panas sebaiknya diwaspadai terutama di Sumatera Selatan (Sumsel). ”Angin Monsun Australia yang membawa udara kering tampaknya masih akan mendominasi wilayah Indonesia,” kata prakirawan BMKG Achmad Rifani melalui tayangan virtual di laman resmi BMKG, Selasa 27 Juli 2021.

Rifani mengatakan angin Monsun Australia diperkirakan bergerak ke bagian selatan Indonesia, kemudian sebagian Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. ”Situasi ini menyebabkan terhambatnya potensi pertumbuhan awan, kemudian menjadikan kondisi cuaca yang cerah hingga cerah berawan,” katanya.

Situasi tersebut, kata Rifani, terjadi di sekitar Pulau Jawa dan Pulau Bali hingga Nusa Tenggara dalam beberapa hari terakhir. ”Kita harus selalu menjaga kesehatan, terutama di tengah kondisi cuaca yang panas dan juga relatif kering seperti saat ini,” katanya.

Potensi hujan berintensitas sedang hingga lebat diprakirakan masih terjadi di Aceh dan Kalimantan Utara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini